oleh

Layanan Keimigrasian Terapkan Protokol Kesehatan untuk Cegah Penularan COVID-19

MUARA ENIM – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim melalui LPPL Suara Muara Enim Radio milik Pemerintah Kabupaten Muara Enim melaksanakan kegiatan Talkshow Radio dengan tema tentang Sosialisasi Penerbitan Paspor Dalam Masa Tatanan Normal Baru, Rabu (9/9/2020).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penyebarluasan informasi pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim dan meningkatkan pelayanan keimigrasian dalam meraih predikat WBBM dari Menpan RB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan bagi masyarakat.

Dalam kegiatan talkshow tersebut, hadir sebagai narasumber Deni Harianto selaku Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian menjelaskan, persyaratan Prosedur dan Biaya Paspor dalam masa tatanan normal baru tidak mengalami banyak perbedaan.

Hanya saja, saat ini dalam pelayanannya mengutamakan protokol kesehatan sehingga untuk jumlah pemohon dan petugas saat ini dibatasi. “Kegunaan dan fungsi paspor antara lain sebagai dokumen perjalanan ke luar negeri, sebagai identitas diri dari pemegangnya, sebagai bukti kewarganegaraan, dan sebagai perlindungan hukum bagi setiap WNI selama berada di luar negeri,” tuturnya.

“Dalam Masa Pandemi COVID-19 pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Muara Enim, masyarakat wajib menjalankan protokol kesehatan sebelum mendapatkan layanan pembuatan paspor yaitu wajib menggunakan masker, mencuci tangan, mengukur suhu tubuh tidak lebih dari 37.5 derajat celcius, apabila suhu tubuh lebih dari yang telah ditentukan maka pemohon tidak mendapatkan layanan tersebut, itu semua demi keselamatan kesehatan petugas, masyarakat dan membantu memutus rantai penyebaran Covid 19,” urainya.

Deni juga mengatakan, terkait prosedur pendaftaran Antrian Paspor Secara online (APAPO) bahwa, sebelum mengajukan permohonan paspor masyarakat wajib untuk mendaftar antrian online melalui aplikasi APAPO yang telah ada dengan membuat akun terlebih dahulu. Untuk dapat masuk ke aplikasi tersebut dan mengisi aplikasi antrian sesuai data identitas pemohon yang akan mengajukan paspor, setelah itu pemohon akan mendapatkan bukti pendaftaran antrian online yang dibawa bersama persyaratan paspor ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan pemohon.

“Apabila masyarakat masih membutuhkan informasi atau ingin menyampaikan keluhan atau saran Kantor Imigrasi Muara Enim telah menyediakan media sosial (IG, FB, Twitter), email, website dan Whatsapp,” jelas Deni.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim Ardian Arifanardi,AP,M.Si melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Abdul Roni Darus SE menyampaikan, bahwa Diskominfo sebagai leading sektor penyebarluasan informasi di Kabupaten Muara Enim terus berinovasi dalam memberikan informasi terkait pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang prosedur pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sehingga diharapkan hal ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang mudah, cepat dan transparan,” pungkasnya. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya