oleh

Lapas Tanjungpandan Jalin MoU dengan Kemenag Belitung 

BELITUNG | Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Tanjungpandan melaksanakan kerjasama melalui Kesepakatan Bersama (MoU) guna lebih mengintensifkan dan mengoptimalkan jalinan kerjasama dibidang pembinaan dan penyuluhan agama kepada warga binaan.

Kerjasama tersebut dilaksanakan bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung yang ditandatangani oleh Kalapas kelas IIB  Tanjungpandan dan Kakan Kemenag Kabupaten Belitung. Penandatangan kerjasama dilaksanakan di Aula Atas Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Rabu (13/1/2022).

Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menyampaikan kontribusi Kantor Kemenag Kabupaten Belitung dalam membina warga binaan sangat dirasakan oleh Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

“Kegiatan yang telah berjalan adalah kajian Islam Fiqih dan hadits setiap Hari Rabu, Khutbah Jumat setiap pelaksanaan Shalat Jumat di masjid At Taubah Lapas,” ujarnya.

Dirinya berharap berharap, melalui Kunjungan Penyuluh Agama Kemenag Belitung ini, WBP  mendapatkan bekal pemahaman agama dan penguatan iman.

“Sehingga dapat menjadi teladan saat kembali ke masyarakat dan kesan hukuman yang diterimanya menjadi pembinaan yang bersifat positif,” kata Kalapas.

Romiwin juga menambahkan, MoU ini sifatnya untuk memperjelas berbagai kegiatan – kegiatan yang sebenarnya telah berjalan dengan baik selama ini.

“Para Penyuluh Agama Islam dapat berkontribusi lebih maksimal di Lapas Tanjungpandan, dalam hal memberikan pembinaan dan penyuluhan keagamaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kabupaten Belitung Drs. H. Masdar Nawawi menjelaskan dalam memberikan bimbingan penyuluhan agama khususnya kepada WBP hendaknya menggunakan pendekatan psikologi islam, melihat aspek kejiwaan, dan menyampaikan hukum dengan cara yang santun.

“Sehingga dakwahnya memberikan kesejukan di hati mereka, sehingga dapat menerima apa yang disampaikan,” jelasnya. MoU ini diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada warga binaan, terutama kepada para penyuluh dalam membantu mereka memberikan penyuluhan kepada warga binaan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan,” pukasnya. (kandar)

Komentar

Berita Lainnya