pemkab muba
Bangka Belitung

KPU Babel Atensi Khusus Pengiriman Logistik Pemilu 2024 di 9 Pulau

122
×

KPU Babel Atensi Khusus Pengiriman Logistik Pemilu 2024 di 9 Pulau

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

PANGKALPIANG – Tersisa 72 hari Pilpres dan Pileg 2024 bagi KPU Provinsi Babel untuk melakukan distribusi logistik pemilu. Salah satu yang menjadi atensi yakni 9 pulau yang jaraknya cukup jauh.

Ketua KPU Babel Husin S.Pd menyebut ada 9 pulau yang akan menjadi perhatian pihaknya dalam pendistribusian logistik Pemilu dengan kendala faktor cuaca dan akan masuk musim barat.

“Nantinya 9 pulau tersebut akan menjadi prioritas kami untuk segera melakukan pendistribusian logistik secara cepat mengingat kendala cuaca masuk musim barat. Kalau tidak bisa jalur laut kami meminta bantuan untuk menggunakan helikopter,” katanya, Kamis (30/11/2023).

Adapun 9 pulau di Babel yang mendapat perhatian khusus adalah Pulau Gersik (Belitung), Pulau Mendanau (Belitung), Pulau Sumedang (Belitung), Pulau Seliu (Belitung). Kemudian Pulau Lepar (Bangka Selatan), Pulau Pongok (Bangka Selatan), Pulau Nangka (Bangka Tengah), Pulau Semujur (Banga Tengah) dan Pulau Bukulimau (Belitung Timur).

“KPU Babel sudah mendistribusikan logistik sampai ke kabupaten/kota. Tinggal atensi khusus di Pulau Belitung dan Belitung Timur yang jaraknya jauh dengan medan yang berat. Untuk tahap pertama, kami sudah mendistribusikan logistik sebanyak 40 persen dengan rincian anggaran kotak suara Rp 917.925.600, bilik suara Rp 349.236.014, tinta Rp 86.166.81.3,6, segel Rp 158.432.400 dengan total Rp 1.511.760.827,6,” ungkap Husin.

Untuk TPS loksus (lokasi khusus), kata Husin, bukan hanya di Lapas dan rumah sakit, melainkan juga di lahan perkebunan sawit.

“KPU Babel nyatakan siap baik darat, laut dan udara. Bahkan TPS Loksus di perkebunan sawit dan tambak udang di Belitung Timur juga akan kami siapkan. Kotak suara harus dirakit dan dikabel ties jenis segel di setiap sudut. Ada kepala kabel ties lambang KPU,” jelasnya.

Sementara itu, Manager PT Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang, Rahmat Patan menyebut, sejauh ini pengiriman logistik tidak mengalami kendala berarti.

“PT Pos Indonesia sudah menyiapkan sebanyak 10.523 armada untuk mendistribusikan logistik di Babel. Kendala cuaca dan puncak musim barat sudah diantisipasi dengan pengalaman Pemilu 2019 dengan meminta bantuan TNI dan Polri. Insya Allah tanggal 12-13 Februari 2024 semua pengiriman akan tepat waktu,” kata Rahmat. (Merpinas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *