oleh

Kondisi Terkini Patung Pahlawan di Muara Beliti Membuat Prihatin Pengendara

MUSIRAWAS – Kondisi Patung Pahlawan yang berada di pinggir ruas Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Kelurahan Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musirawas menarik perhatian para pengendara. Betapa tidak, kondisi terkini patung tersebut diselimuti lumut dan semak.

Hendi (34), salah seorang penguna jalan mengatakan, merasa prihatin melihat kondisi peninggalan sejarah berupa patung pahlawan. Tidak hanya terlihat sejumlah fasilitas pendukung, seperti pagar tugu patung yang sudah hancur. Patung yang terdiri lima orang pahlawan, berdiri tegap sembari mengangkatkan senjata  kondisinya sudah berlumut kehitam-hitaman. Bahkan, lantainya sudah ditumbuhi semak.

“Kalau biasa saya lewat, memang pantung itu sudah lama kondisi tidak terawat lagi. Dengan begitu, pemerintah terkait seakan tutup mata dan melupakan semua jasa-jasa para pahlawan yang dulunya berjuang merebut kemerdekaan,”ungkap Hendi yang keseharian bekerja sebagai buruh swasta ketika dibincangi beritamusi.co.id, Senin (25/1/2021) siang.

Tidak hanya itu, Hendi mengatakan sesuai sejarah didirikan patung sebagai bentuk mengenang jasa pahlawan. Bahkan, sebagai pentunjuk menceritakan perjuangan dalam menghadapi penjajah dimassa itu.

“Jujur, saya sebagai rakyat Indonesia, sangat prihatin melihat kondisi Patung Pahlawan Perjuangan seperti itu, seakan-akan tidak menghargai jasa para pahlawan,” tegasnya.

Sabagai harapan, dengan telah terjadi kondisi seperti itu. Kepada pemerintah terkait, baik pemerintah kecamatan, kelurahan ataupun dinas terkait menaungi segeralah mengambil langkah agar apa yang menjadi peninggalan sejarah bisa dikenang para generasi penerus bangsa.

“Jangan seakan-akan, memperlihatkan kalaulah seperti kacang lupa kulit, karena kalau tidak ada jasa para pahlawan mungkin sampai saat ini kita masih dijajah bangsa lain,” tukasnya. (NURDIN)

Komentar

Berita Lainnya