oleh

Komitmen Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Basel Tambah Armada Ambulans

TOBOALI – Dinas Kesehatan, Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan (Basel) terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat yang ada di daerah ini.

Komitmen ini terbukti dengan diadakannya 3 unit mobil ambulans yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020. Selain 3 unit ambulans itu, ada juga ambulans public service centre (PSC) 119 Basel.

Rencananya, ambulans PSC 119 mulai beroperasi secara maksimal pada tahun 2021 mendatang. selain ditunjang dengan gedung yang baru, dilengkapi juga dengan fasilitas ambulans Unit Gawat Darurat (UGD).

“Dari tiga ambulans pertama yang kita terima, dua diantaranya didistribusikan ke Puskesmas Pulaubesar dan Puskesmas Simpangrimba,” ujar Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan DKPPKB Basel Eddial Bustami, Kamis (8/10).

Sementara itu, lanjut pria yang biasa disapa Al ini, satu ambulans lagi masih akan dikoordinasikan untuk didistribusikan ke puskesmas mana. Adapun fungsinya untuk merujuk pasien yang mungkin suspect Covid-19.

“Jadi dua ambulans memang ditempatkan di puskesmas yang jauh dari kota untuk mempermudah pelayanan rujukan. Kalau untuk fasilitas di ambulans ada stretcher dan alat-alat emergency sesuai standari dari kemenkes,” jelasnya. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya