pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Komitmen Pramuka Dukung Program Pemerintah Tanggulangi Penyebaran Covid-19

32
×

Komitmen Pramuka Dukung Program Pemerintah Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Sebarkan artikel ini
IMG-20210325-WA0014
pemkab muba

PANGKALPINANG – Masa pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama satu tahun berjalan sejak ditetapkan pada bulan Maret 2020 lalu sebagai pandemi global. Hal ini membuat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kwarda Babel) berkomitmen untuk mendukung program-program pemerintah dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 dan mengatasi dampak yang ditimbulkannya. Komitmen tersebut ditunjukkan melalui program dan kegiatan yang diarahkan dalam rangka menekan dampak penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan Ketua Kwarda (Kakwarda), Melati Erzaldi dalam Penutupan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung tahun 2021, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Rabu (24/03/2021).

Kakwarda Melati Erzaldi, mengatakan Kwarda Babel dengan program pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, bersinergi dengan berbagai para ahli disiplin ilmu, menyampaikan pembelajaran bagi masyarakat dan juga Pembina pramuka.

“Ada berbagai program pemberdayaan yang dilaksanakan akhir-akhir ini, seperti demonstrasi plot kebun sayur kwarda, program percontohan kebun sayur, smart eco garden, hingga program percontohan pembudidayaan padi menggunakan metode hidroponik dan ternak lele,” ujar Kak Melati sapaan akrabnya di Kwarda Babel.

Tak hanya itu, program unggulan MELATI TUK KETAPANG, yang merupakan akronim dari memanfaatkan lahan tidur untuk ketahanan pangan. Program ini dilakukan bersama dengan seluruh kwartir cabang di seluruh Kepulauan Bangka Belitung untuk melaksanakan ketahan pangan.

“Program MELATI TUK KETAPANG ini dilaksanakan secara sistematis dan masif sehingga dapat menjadi alternatif dalam menanggulangi krisis pangan sebagai dampak dari Covid-19,” jelasnya.

Kakwardapun berharap melalui Rakerda 2021 ini dapat menjalankan program-program sinergi yang telah disepakati bersama dalam pengembangan kegiatan kepramukaan.

“Dari Rakerda 2021 saya berharap kita dapat menyinergikan program-program pemberdayaan masyarakat dalam hal membantu pemerintah menanggulangi dampak penyebaran covid-19 terhadap ekonomi dan sosial masyarakat,” harapnya

Selain itu, Kakwarda Babel, Melati Erzaldi juga menargetkan untuk melahirkan 1000 Pramuka Garuda tahun 2021. Pihaknya menegaskan bahwa hal ini harus menjadi komitmen bersama sehingga dapat menyiapkan Generasi Emas Bangka Belitung tahun 2024. (Doni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *