oleh

Kini Kepulauan Belitung Alami Darurat Bahan Bakar Minyak

SUNGAILIAT – Kabupaten Belitung dan Belitung Timur saat ini mengalami darurat bahan bakar minyak (BBM). Hal tersebut dibuktikan dengan pemandangan yang terlihat dari antrian panjang kendaraan bermotor di sejumlah SPBU yang ada di Pulau Belitung.

“Pemandangan yang luar biasa. Jadi antrian kendaraan sudah menjadi pekerjaan baru setiap pagi hari, dan ini kita tidak tahu sampai kapan,” kata Anggota DPRD Babel dapil Belitung, Eka Budhiarta kepada sejumlah wartawan di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (21/09/2021).

Dia mengungkapkan, banyak para pengguna kendaraan bermotor mengaku kecewa karena tidak kebagian BBM meski sudah mengantri cukup lama di SPBU.

Oleh sebab itu, menurut dia, kunci utama untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni, meminta kuota tambahan BBM kepada Pertamina serta melakukan pengawasan secara berkala agar pendistribusian BBM tersebut betul-betul tepat sasaran.

“Kuncinya itu pengawasan secara optimal dan komprehensif secara terpadu, artinya melibatkan semua pihak, mulai dari Satpol PP hingga TNI/Polri, karena memang (permasalahan-red) ini sudah sangat luar biasa,” ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan, kepala daerah juga harus ikut turun tangan untuk mengatasi permasalahan ini.

Dia mencontohkan, Bupati Bangka Barat telah mengeluarkan surat edaran terkait aturan pengisian BBM bagi pengerit dan para pengguna kendaraan bermotor.

“Artinya dibagi (pengisian BBM-red) untuk transportasi dari jam sekian sampai jam sekian dan untuk pengerit juga diatur dari jam sekian sampai jam sekian,” terangnya. (EDI)

Komentar

Berita Lainnya