pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Kenali Tambang Mahasiswa Lakukan Field Trip di PT DPS Lahat

80
×

Kenali Tambang Mahasiswa Lakukan Field Trip di PT DPS Lahat

Sebarkan artikel ini
Puluhan mahasiswa/i dan civitas Teknik Pertambangan Universitas Prabumulih, laksanakan Field Trip ke area operasional PT Dizamatra Powerindo site Lahat
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Meningkatkan potensi akademik dan pengetahuan praktik lapangan operasional pertambangan melalui penerapan good mining. Puluhan mahasiswa/i dan civitas Teknik Pertambangan Universitas Prabumulih, laksanakan Field Trip ke area operasional PT Dizamatra Powerindo site Lahat di Kabupaten Lahat.

KTT PT. Dizamatra Powerindo, Bertha Andrian ST, mengatakan menyambut baik kehadiran mahasiswa tersebut. Dikatakanya, hal itu untuk menambah pengetahuan akademik dan praktik lapangan sehingga kedepan banyak lulusan teknik pertambangan lokal yang bisa bekerja dipertambangan di Sumsel.

“Ya seperti yang kita tahu bahwa Sumatera Selatan memiliki sumber daya alam yang luar biasa, sudah saatnya kita dukung para generasi muda tambang Sumatera Selatan saat ini agar kedepan mereka mampu mengelola sendiri kekayaan alam Sumatera Selatan tersebut bersama-sama”, ungkap Bertha, Selasa (30/06/23).

Senada, Advisor Tambang PT. Dizamatra Powerindo, Devi Darwis ST menekankan perlu adannya kolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia industri. Saat ini perubahan di dunia kerja berjalan sangat cepat, berbeda dengan kampus yang memiliki kecepatannya sendiri, atas hal tersebut diperlukan Perguruan Tinggi yang lebih adaptif dan fleksibel dengan dunia kerja, dunia industri, serta dengan berbagai kemajuan dan perkembangan yang terjadi di dunia pekerjaan, dunia usaha dan dunia industri.

“Sehingga kedepannya pihak Perguruan Tinggi dapat menghasilkan tenaga kerja yang berdaya saing, terampil, bermutu, dan relevan dengan tuntutan dunia kerja yang terus berkembang,”sampai Devi Darwis.

Sementara, kegiatan Field Trip Mahasiswa/i Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Prabumulih diikuti oleh 80 orang dengan 5 Dosen pendamping dan dilaksanakan dalam dua hari yaitu tanggal 25 dan 30 Mei 2023. Dekan Teknik Pertambangan Universitas Prabumulih, Dr Yuniar Pratiwi , S.SI, M.Si menjelaskan bahwa sangat penting bagi para mahasiswa tambang untuk melaksanakan kunjungan industri ke perusahaan seperti PT. Dizamatra Powerindo guna meningkatkan kemampuan praktikal tambang serta mengetahui aspek-aspek penting dalam industri pertambangan seperti proses produksi, pengelolaan K3LH dan CSR yang harus diperhatikan ketika mengelola perusahaan tambang nantinya.

Lebih lanjut, Yuniar juga mengatakan bahwa kehadiran PT. Dizamatra Powerindo di Sumatera Selatan saat ini sangat membantu para mahasiswa Fakultas Teknik tambang Universitas Prabumulih yang mayoritas putra-putri Sumatera Selatan. Karena perusahaan selalu bersedia menerima dan menyambut baik kunjungan dari para mahasiswa yang ingin belajar secara langsung disana.

“Kita semua berharap agar PT. Dizamatra Powerindo ini selalu memberikan kesempatan bagi mahasiswa mahasiswi Teknik Pertambangan Universitas Prabumulih untuk dapat melakukan praktek lapangan dan penelitian di PT. Dizamatra Powerindo,” ungkapnya. (Sfr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *