oleh

Kelompok UP2K Desa Muara Emil Wakili Muara Enim di Lomba UP2K

MUARA ENIM – Dalam rangka persiapan mengikuti lomba UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Renny Devi A Nasrun Umar melalui Pokja 2 yang dipimpin oleh Dwi Apriani Ardian berkunjung langsung ke Desa Muara Emil Kecamatan Tanjung Agung, Sabtu (22/05).

Guna melakukan pembinaan (Fasilitasi dan pendampingan) terhadap Kelompok UP2K Desa Muara Emil yang akan menjadi perwakilan dari Kabupaten Muara Enim dalam lomba di tingkat Provinsi tersebut.

Bahwa Kelompok UP2K Desa Muara Emil ini yang terbentuk berkat keuletan dan inovasi dari Ketua TP PKK Desa Muara Emil Nyonya Zulham, memiliki berbagai prestasi.

Tercatat sampai dengan saat ini kelompok tersebut telah melahirkan olahan-olahan yang berbahan baku tanaman pisang seperti : Keripik Gedebog Pisang, Salai Pisang, Keripik Pisang Caramel, Selai Pisang, Keripik Bonggol Pisang dan aneka kerajinan dari tanaman pisang (tempat tissue) yang sudah mereka lakukan sejak 3 tahun terakhir.

Tersebab sudah meningkatnya kelompok UP2K di Desa ini, tercatat dari tahun 2018 UP2K pemula semakin bertambah dan terbentuk pula UP2K madya sampai UP2K Mandiri yang sudah memasarkan produknya sampai ke Pulau Jawa.

Tak hanya itu, seperti di tahun sebelumnya, 2021 ini pun UP2K Desa Muara Emil mendapat dukungan dari Ketua TP PKK Kecamatan Tanjung Agung dengan melakukan kerjasama ke Pasar Swalayan dan mulai bulan ini produk-produk unggulan dari UP2K Desa Muara Emil akan dapat ditemukan di Indomaret, Alfamart dan 212 Mart yang ada di Kecamatan Tanjung Agung dan tidak menutup kemungkinan, kedepan akan dapat ditemui di seluruh pasar swalayan se-Kabupaten Muara Enim.

Ketua TP PKK Kecamatan Tanjung Agung Betty Condro mengatakan, pihaknya siap bersama TP PKK Desa Muara Emil untuk mewakili Kabupaten Muara Enim dalam mengikuti Lomba UP2K tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk itu, dirinya berharap bimbingan dan binaan dari TP PKK Kabupaten Muara Enim utamanya dalam menstandarisasi produk-produk UP2K menjadi produk unggulan Desa yang dapat menambah nilai lebih sehingga dapat menarik minat pembeli yang berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat Desa dan tentunya dapat bersaing serta dapat meraih prestasi yang membanggakan kedepannya. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya