oleh

Kebakaran Rumah Knock Down Teluk Gelam Diduga Disabotase

Ogan Komering Ilir | Sebanyak 6 unit rumah knock down yang dulunya digunakan sebagai perumahan atlet dan pondok sky air di kawasan wisata Danau Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ludes terbakar, Minggu (15/12) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kendati demikian, publik menilai ada dugaan sabotase dalam insiden kebakaran itu. 

“Kami menduga ada sabotase dalam kebakaran itu. Bisa dilihat antara satu rumah dengan rumah lain tidak berdekatan. Masak terbakar semua, kalau tidak dibakar oleh oknum tak bertanggung jawab,” ujar Iwan Gondrong, Ketua LSM Gasak Kabupaten OKI. 

Menurut dia, sudah banyak anggaran yang digelontorkan demi kemajuan kawasan Danau Teluk Gelam. Namun sayang, tidak ada progres kemajuan. Mulai dari penanaman buah naga, hingga membuat destinasi wisata. 

“Banyaklah mudhorat ketimbang manfaat dari kawasan Danau Teluk Gelam, “ujarnya. 

Terkait kebakaran itu, pihaknya meminta pihak berwajib dapat mengusut tuntas atas kejadian itu, dirinya menduga ada sabotase dibalik kebakaran tersebut. “Bayangkan sebanyak 6 rumah knokdown yang jaraknya berjauhan bisa terbakar inikan aneh,”ucapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas PolPP dan Damkar, Alexander Bustomi menambahkan, api mulai membesar sekitar pukul 18.30 WIB dan berhasil dijinakkan sekitar pukul 21.10 WIB dengan mengerahkan 3 unit mobil pemadam dan dibantu polisi serta warga sekitar.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi, api diduga berasal dari semak yang berada di sekitar rumah-knock down. 

“Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Untuk kerugian masih dihitung serta sudah dipasang police line oleh kepolisian untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Syawal, 

Terkait tudingan kalau kebakaran itu disabotase, lanjut Alex, pihaknya tidak bisa mengambil kesimpulan karena itu ranah kepolisian. “Sejauh yang kita tau dirumah tersebut tidak ada aliran listrik, bahkan aktivitas memasak pun tidak akan tetapi, berdasar keterangan saksi bahwa penyebab kebakaran merupakan hasil perambatan dari rumput kering dan semak belukar sehingga merambat ke rumah knock down,”jelasnya.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres OKI, Iptu Iryansyah mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan interogasi terhadap para saksi, bahwa api berasal dari semak belukar di sekitar rumah tersebut yang sedang dibersihkan.(Romi)

Komentar

Berita Lainnya