oleh

Kartu Deklarasi Sehat CPNS 2021: Apa itu, Waktu Cetak, Cara Mengisi dan Mencetak

Beritamusi.co.id | Menjelang waktu dilaksanakannya tes SKD CPNS 2021, BKN mengharuskan peserta tes untuk membawa Kartu Deklarasi Sehat. Apa itu Kartu Deklarasi Sehat? Bagaimana cara mengisi dan mencetak Kartu Deklarasi Sehat?

Kartu Deklarasi Sehat wajib dibawa peserta tes CPNS 2021 selain kartu ujian tentunya. Kartu Deklarasi Sehat sebagai tambahan yang diberikan sebagai adaptasi pada keadaan pandemi.

Apa Itu Kartu Deklarasi Sehat?

Mengacu pada konten yang diunggah pada Instagram resmi BKN, Kartu Deklarasi Sehat adalah satu berkas yang sebelumnya diisi oleh peserta tes SKD, sebagai bentuk pernyataan bahwa kondisi kesehatan peserta SKD benar-benar sehat dan sesuai fakta.

Pengisian Kartu Deklarasi Sehat ini bisa dilakukan di portal https://sscasn.bkn.go.id . Di sana akan tertera serangkaian pertanyaan dan pernyataan terkait kondisi kesehatan terkini, utamanya yang berkaitan dengan Covid-19.

Dilansir akun Instagram @bkngoidofficial (19/8/2021) Kartu Deklarasi Sehat wajib diisi oleh peseta ujian CPNS 2021. BKN pun memberikan jadwal pengisian Kartu Deklarasi Sehat, yaitu 14 sebelum tes CPNS 2021 dilaksanakan.

“Guna mencegah penyebaran Covid-19 di lokasi ujian SKD #CASN2021, kepada seluruh peserta SKD diwajibkan untuk mengisi Deklarasi Sehat. Deklarasi Sehat, WAJIB diisi dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian ya,” tulis @bkngoidofficial.

Setelah dilakukan pengisian secara lengkap dan sebenar-benarnya, kartu atau formulir ini bisa segera dicetak. Paling lambat, kartu dicetak H-1 sebelum peserta mengikuti tes SKD yang akan dilaksanakan.

Jadi ketika datang ke lokasi SKD CPNS nanti, peserta bisa memberikan Kartu Deklarasi Sehat ini kepada petugas yang ada di tempat.

Untuk cara pengisiannya sendiri, Anda tinggal masuk ke link yang dicantumkan di bagian pertama tadi. Di sana akan tersaji serangkaian pertanyaan dan pernyataan yang harus diisi sebenar-benarnya untuk menunjukkan kondisi kesehatan dari setiap peserta SKD.

Setelah pengisian selesai dilakukan dengan data yang sebenarnya, maka Anda bisa langsung submit formulir tersebut untuk diverifikasi. Selanjutnya Anda tinggal mengunduh formulir dan mencetaknya sendiri untuk dibawa sebagai berkas kelengkapan mengikuti tes SKD.

Tujuan Kartu Deklarasi Sehat

Penambahan Kartu Deklarasi Sehat sebagai berkas syarat mengikuti tes SKD dalam rangkaian seleksi CPNS sendiri sebenarnya ditujukan untuk memastikan kondisi kesehatan setiap peserta tes. Dengan pengisian formulir ini, kejujuran peserta dapat dilihat sehingga tracking pada orang-orang yang beresiko bisa dilakukan dengan mudah.

Selain itu pengisian data tersebut juga berfungsi untuk membantu upaya meredakan pandemi yang terjadi di Indonesia saat ini, dari sisi tes CPNS yang memang secara praktis harus hadir di satu lokasi yang sama.

Kartu Deklarasi Sehat sebenarnya dapat diisi dengan cepat ketika Anda jujur dalam melakukan pengisian. Maka dari itu, jaga kesehatan, dan pastikan kondisi Anda dengan melakukan tes untuk mengetahui kondisi terkini.

Demikian penjelasan tentang apa itu Kartu Deklarasi Sehat untuk ujian CPNS 2021. Selamat berjuang.  (Suara.com)

Komentar

Berita Lainnya