oleh

Kapolres LAHAT Pimpin Apel Simulasi Sispam Kota Dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak 2021

LAHAT – Hari Senen tanggal 6 Desember 2021, pukul 08.30 wib bertempat di jalan kol Burlian depan kantor Bupati Lahat,telah berlangsung giat Simulasi Sispam Kota Polres Lahat dalam rangka pengamanan Pilkades serentak kabupaten Lahat tahun 2021.

Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK,yang didampingi Waka polres Kompol Feby Febriyana SIK,Kabag Ops Kompol Dedy Suhendri Ssos,dan PJU polres lahat memimpin langsung Apel simulasi Sispam kota dalam rangka pengamanan Pilkades secara serentak kabupaten Lahat tahun 2021 sebanyak 235 desa.

Hadir dalam pelaksanaan acara itu Bupati Lahat Cikujang SH. Dandim 0405 lahat Letkol Kav Syawab Al ‘amin SE MSi,ketua pengadilan Negeri lahat, kepala kejaksaan Negeri lahat,wakil ketua DPRD kabupaten Lahat,dan tamu undangan lainya.

Dalam arahannya kapolres lahat mengungkapkan maksud dan tujuan dilaksanakannya simulasi Sispam kota adalah sebagai langkah persiapan untuk antisipasi sekaligus cek kekuatan bila terjadinya aksi ujuk rasa ke Pemda lahat oleh para kandidat dan pendukung calon kepala desa yang dinyatakan kalah oleh panitia,yang menurutnya pendemo dari mulai pelaksanaan Pilkades sampai dengan penghitungan suara.

“ Dalam peragaan disimulasikan adanya rencana aksi masyarakat kecamatan Kikim area yg akan melaksanakan aksi unjuk rasa ke Pemkab Lahat yang mana tuntutanya adalah ingin dilaksanakan Pilkades ulang di beberapa desa,dengan alasan panitia kepala desa tidak adil dan bermain curang.” ungkap Kapolres Lahat AKBP. Achmad Gusti Hartono.SIK

Para pendemo yg berasal dari kecamatan Kikim arean di kawal anggota Polsek menuju ke Pemda lahat,sesampainya di halaman Pemda para pendemo melakukan orasi, ditengah-tengah pelaksanaan orasi team negosiator yang terdiri dari anggota binmas dan anggota intelkam untuk mepasilitasi untuk bertemu dengan bupati lahat.

Dalam pelaksanaan negosiasi tidak menemui jalan terang,sehingga massa mulai bringas sambil membakar ban bekas,yg mana aktifitas tersebut dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat umum.

Dalam situasi seperti itu turunlah ton dalmas awal untuk menghadang para pendemo, akan tetapi pleton dalmas awal belum mampu menghalau para pendemo dan turunlah pleton dalmas inti dengan berpakaian lengkap dalmas pertameng yg di belakangnya terdapat mobil Barakuda sehingga massa berhasil di pukul mundur oleh pleton dalmas inti.

Akan tetapi masih tetap melakukan perlawanan dengan melempari batu ke pasukan dalmas, sehingga turun mobil Barakuda untuk menyemprotkan air ke arah pendemo dan lari tunggang langgang, sehingga suasana sudah bisa di kendalikan oleh pihak polres lahat.

Bupati lahat Cik Ujang SH mengapresiasi pelaksanaan simulasi Sispam kota yang di lakukan oleh polres lahat.

Bupati Lahat Cikujang SH,mengucapkan banyak terima kasih karena pihak polres telah mengantisipasi hal-hal yg mungkin pasti terjadi aksi unjuk rasa ke Pemda lahat,yang di lakukan oleh masyarakat yang kurang senang dan tidak puas tentang pelaksanaan Pilkades serentak di 235 desa.

“ mengingat saat ini sudah ada gejala dari para calon kepala desa yg di coret namanya atau belum memenuhi syarat calon kades oleh pihak panitia kecamatan.” Ucapnya

Kapolres lahat mengharapkan kepada seluruh anggota dalam pelaksanaan pengamanan baik yg terkena di TPS maupun yg stand by sebagai anggota pleton dalmas untuk serius dalam melaksanakan tugas negara yg di embankan ke polri, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, aminnn.

Kasubsi penmas Humas polres lahat Aiptu Lispono SH. Menuturkan Selama giat berlangsung situasi aman dan terkendali.

“ Kita tetap patuhi protokol kesehatan, dengan cara memakai masker dan selalu mencuci tangan,” Ujar Aiptu Liespono.SH. (Abdus)

Komentar

Berita Lainnya