oleh

Kapolda Sumsel Apresiasi Inovasi di Kecamatan Bayung Lencir

MUSI BANYUASIN – Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM mengapresiasi terobosan program kegiatan kemasyarakatan Bincang Cerita Rakyat (Bintara) yang dilakukan oleh Polsek Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja, Jumat (7/8/2020).

“Di Bayung Lencir Muba ada BINTARA Mang Pedeka, kegiatan sosial kemasyarakatan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, itu sangat bagus dan harus ditingkatkan,” ujarnya.

Dia berpesan agar kegiatan yang berorientasi kepada hubungan sosial kemasyarakatan untuk dapat terus ditumbuh kembangkan di tengah kehidupan Polri, khususnya yang ditugaskan di daerah, hal ini sesuai dengan program Polda Sumsel saat ini yaitu “MANG PEDEKA” Polisi Dulur Kito, yang menggambarkan kedekatan antara Polisi dan Masyarakat.

Disaat yang sama, Kapolres Musi Banyuasin, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIK mengatakan, akan memberikan perhatian terhadap inovasi dan terobosan para Kapolsek yang bertugas di tiap kecamatan, sehingga iklim kerja para Kapolsek akan semakin baik khususnya kegiatan pelayanan kepada masyarakat.

“Setiap program bagus, harus kita support sehingga semakin bagus, adapun yang kurang bagus kita perbaiki bersama,” terangnya.

Ketika dikonfirmasi, Kapolsek Bayung Lencir, AKP Jonroni SH mengatakan, program “BINTARA Mang Pedeka” adalah trobosan program kegiatan dari Polsek Bayung Lencir untuk menjalin komunikasi, dan meningkatkan koordinasi dengan masyarakat sehingga tercipta situasi yang nyaman, aman, dan kondusif ditengah kehidupan sosial masyarakat.

“Untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman itu, kami berkeliling Desa /Kelurahan menghampiri pos-pos ronda pada malam hari untuk duduk bersama menyerap aspirasi dan berbincang kepada masyarakat terkait upaya meningkatkan keamanan lingkungan,” terangnya.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Bang Jon itu bahwa pihaknya bersama Forkopimcam Bayung Lencir berkomitmen akan terus menjalin komunikasi sampai ketingkat bawah di tengah masyarakat, adapun serangkaian kegiatan lainnya didalam rangkaian Bintara diantaranya memberikan pelatihan dasar kepada warga petugas pos jaga, pembinaan penyusunan jadwal piket jaga, dan bantuan jam dinding ,Penempelan Maklumat Kapolda Sumsel tentang Karhutbunlah, Maklumat Kapolda Sumsel tentang Dilarang membawa Senjata Tajam dan Penempelan Stiker Bintara Mang PDK serta Mematuhi Protokol Kesehatan untuk pos ronda.

Begitu pula halnya disampaikan oleh Camat Bayung Lencir, M Imron SSOs MSi bahwa komitmen untuk mendengar suara hati dari masyarakat bawah akan terus digalakkan oleh Forkopimcam Bayung Lencir untuk menggali potensi serta membantu permasalahan yang langsung ditemui di tengah masyarakat.

“Kalau Polsek punya Bintara kami Pemerintah Kecamatan juga punya Temasya, artinya Temu Masyarakat Desa yang mana tujuannya sama sama untuk membangun komunikasi dari tingkat bawah ditengah masyarakat, dan mudah mudahan dua duanya akan saling bersinergi dan membantu masyarakat,” jelasnya. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya