oleh

Kapolda Beserta Danlanal Babel Kembali Turun ke Laut Toboali, Ada Apa?

TOBOALI – Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat kembali memimpin langsung operasi penertiban sejumlah Ponton Isap Produksi (PIP) yang masih terparkir di perairan Laut Toboali, Basel pada Rabu (7/10) siang.

Pantauan di lapangan, sedikitnya 8 unit PIP yang diamankan tim gabungan untuk kemudian ditarik ke tepi Pantai Tangsi, Toboali. Sementara untuk PIP yang lain telah dibawa oleh para pemilik untuk ke luar Laut Toboali.

“Kalau dimusnahkan (bakar) belum, yang jelas ini kita tarik dulu dengan dalam kondisi tidak beroperasi. Kalau dia sedang beroperasi ketika kita tertibkan lain lagi itu baru ada tindak pidananya,” kata Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif.

Jenderal bintang dua itu mengimbau untuk para pemilik ponton yang telah diamankan tersebut agar segera membawa ke daerah masing-masing. Jika masih ditemukan ponton yang masih bandel, maka tak segan akan kembali ditertibkan.

“Hari ini sudah sangat baik, tertib kita akan selesaikan lagi besok. Kalau tidak sampai besok lusa kita tuntaskan ini semua. Setelah ini tuntas, baru nanti kita adakan pertemuan dan negosiasi lagi bersama nelayan dan penduduk,” terangnya.

Dikatakan Anang, pertemuan dan negosiasi dilakukan nanti untuk mencari jalan terbaik dalam rangka penyelesaian permasalahan tersebut. Sejauh ini, belum ada pihak-pihak yang dimintai keterangan lantaran belum ada ponton yang beroperasi.

Sementara, Danlanal Babel Kolonel (Laut) Dudik Kuswoyo mengaku siap membackup penuh operasi penertiban tambang laut di wilayah perairan Toboali. Pada operasi hari ini, pihaknya bahkan menerjunkan Kalmano untuk membantu operasi dari Polda Babel.

“Kita turunkan kalmano untuk membantu kepolisian untuk penertiban sementara PIP di Toboali. Karena kita memang punya alat utama sistem persenhataan atau alutista yang diperlukan dalam operasi ini. Kalau dari KAL personel ada 15, pos 5 sampai 10,” katanya.

Menurut Dudik, personel dari Lanal Babel akan tetap stand by di lokasi hingga 2-3 hari kedepan untuk selalu membackup para personel Polda Babel sampai situasi di perairan Laut Toboali dipastikan sudah benar-benar kondusif. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya