pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Kabupaten Muba Usulkan Jalur Hewan Liar Pada Tol Trans Sumatera

57
×

Kabupaten Muba Usulkan Jalur Hewan Liar Pada Tol Trans Sumatera

Sebarkan artikel ini
39495-tol-trans-sumatera
pemkab muba

Beritamusi.co.id | Kantor Staf Presiden (KSP) menggelar rapat kordinasi pembangunan jalan tol di Sumatera Selatan. Deputi I Kantor Staf Presiden, Febry Calvin Telepta mengundang pemerintah kabupaten dilintasi jalan tol tersebut.

“Proyek pembangunan tol di Sumatera Selatan harus menyelaraskan kepentingan nasional dan daerah,” ujar Febry melalui siaran pers KSP di Jakarta.

Ia menyampaikan jalan Tol Trans Sumatera sudah ditetapkan sebagai Major Project di RPJMN 2020-2024.

Presiden juga telah menetapkan ruas-ruas tol Trans Sumatera sebagai Proyek Strategis Nasional dalam Perpres 109 Tahun 2020.

Dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Tol di Sumatera Selatan yang digelar secara luring dan daring, di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin, KSP menerima berbagai masukan dari pemda setempat dan BUMN pelaksana proyek.

Kabupaten Muba Usulkan Jalur Hewan Liar Pada Tol Trans Sumatera
Jalur Jalan Tol Trans Sumatera [pu.go.id]

Dalam rapat ini, perwakilan pemda yang hadir berasal dari Prabumulih, Banyuasin dan Musi Banyuasin, sebagai daerah yang berada dalam wilayah pembangunan beberapa ruas tol.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengusulkan pergeseran exit tol dari Kecamatan Tungkal Jaya ke Kecamatan Sungai Lilin dan pembangunan rest area di empat lokasi.

Selain itu, dia menekankan perlunya memerhatikan aspek lingkungan dalam proses pembangunan jalan tol di wilayahnya.

Dia menyontohkan adanya jalur untuk hewan liar di tol Pekanbaru.

“Nanti bisa dibuatkan juga semacam terowongan untuk jalur hewan liar. Jadi proyek ini benar-benar memerhatikan lingkungan sekitar, akan jadi penilaian bagus juga untuk dunia internasional,” jelas Dodi.

Dari masukan tersebut, Febry pun menegaskan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah harus diperkuat.

Apalagi, kata Febry, BUMN pelaksana proyek pun perlu beragam pertimbangan dalam membangun Tol Sumatera Selatan, baik dari sisi permodalan (equity) maupun anggaran belanja modal (capital expenditure/capex).

Kabupaten Muba Usulkan Jalur Hewan Liar Pada Tol Trans Sumatera
Pembangunan jalan tol Trans Sumatera. [Dok Kementerian PUPR]

“Pastinya, pembangunan infrastruktur ini untuk menumbuhkan ekonomi baru, tapi pembangunannya tidak serta merta karena butuh modal dan capex, sehingga perlu koordinasi agar biaya bisa ditekan dan pembangunan bisa didorong,” jelas Febry.

Sebagai informasi di Sumatera Selatan terdapat beberapa ruas tol yang sedang dibangun di antaranya adalah Simpang Indralaya-Muara Enim sepanjang 126,7 km yang melewati Kabupaten Ogan Ilir, Muara Enim, dan Kota Prabumulih.

Kemudian Palembang-Betung (sebagai bagian dari ruas Kayu Agung-Palembang-Betung) sepanjang 69 km yang melewati Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Kota Pelembang, dan  Banyuasin, serta ruas Betung-Tempino-Jambi sepanjang 134 km yang melewati Kabupaten Banyuasin,  Musi Banyuasin, dan Muaro Jambi. (Suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *