oleh

Kabupaten Bangka Kembali Berhasil Budidaya Bawang Merah

SARIAGRI – Kabupaten Bangka kembali berhasil melakukan budidaya bawang merah. Hal ini dibuktikan dengan panen bawang merah bersama yang dilakukan Bupati Bangka Mulkan, SH, MH dan unsur terkait lainnya di lahan eks Kantor Bupati, Jumat (11/6).

Usai panen, Mulkan menjelaskan, salah satu fokus Pemkab Bangka adalah di bidang pertanian. Setelah tahun 2020 dilakukan penanaman di 8 kecamatan, tahun ini penanaman serupa juga kembali dilakukan.

“Kita memanfaatkan lahan eks kantor bupati yang memang selama ini adalah semak belukar. Sekarang kita jadikan demplot bawang merah. Alhamdulillah kembali berhasil dan hari ini kita kembali panen,” kata Mulkan.

Mulkan mengakui, dengan keberhasilan budi daya bawang merah, saat ini para petani di Kabupaten Bangka mulai ada yang menanam sendiri.

“Awalnya kan banyak yang beranggapan tanaman hortikultura jenis ini sulit berkembang. Setelah kita kasih contoh dan buktikan berhasil, banyak petani yang mengikuti jejak kita,” tambahnya.

Mulkan menjelaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19, budi daya bawang merah sangat cocok karena hanya dalam jangka pendek sudah bisa dipanen sehingga dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat.

Senada, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Elius Gani mengakui, banyak petani yang mulai menanam bawang merah. Menyusul, sejumlah keberhasilan yang dilakukan oleh pihak pemerintah.

“Ia banyak. Sampai ada yang datang ke kantor bertanya gimana cara menanam sampai panen. Kita jelaskan dan beri pendampingan,” beber Elius.

Elius menjelaskan, demplot yang ada di lahan eks kantor bupati seluas 0,1 hektare. Dari 70 kilogram bibit bawang yang ditanam. Mampu menghasilkan 500 kilogram.

“Artinya bawang merah cocok dibudidayakan di tempat kita. Tahun 2020 juga kemarin sudah kita tanam di delapan kecamatan dan semua berhasil untuk panen,” ucapnya. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya