oleh

JPI Tingkat Nasional di Jatim Batal, Diskepora Babel Lakukan Pembahasan

PANGKALPINANG-Dalam rangka upaya pencegahan Covid 19 serta memutus mata rantai Virus Corona, kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tingkat Nasional yang semula akan dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) tidak bisa dilaksanakan dan dibatalkan. Seluruh kegiatan dan jadwal akan dilaksanakan serta ditetapkan dari masing-masing Provinsi.

Hal itu, berdasarkan surat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI tanggal 17 November 2020 perihal pemberitahuan pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tingkat Nasional Tahun 2020.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Babel menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di ruang rapat GOR Sahabudin untuk melakukan pembahasan terkait pelaksanaan JPI tersebut.

Kepala Diskepora Babel Suharto diwakili Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda, Diskepora Babel, Ferdiyan Hermawan Loebis memimpin langsung Rakor pada Jumat (20/11/2020), dan diikuti seluruh peserta dari PPMI se-Babel.

Pelaksanaan JPI Tingkat Nasioanal tahun ini, Ferdiyan menjelaskan, berbeda dari tahun sebelumnya, dimana Babel tidak melakukan seleksi untuk mengirimkan pemuda-pemudi dikarenakan masih dalam masa pandemi Covid.

‘’Tahun ini berbeda, pelaksanaan dilakukan di daerah masing-masing, dan kita tidak melakukan seleksi untuk mengirimkan peserta, namun kita tetap semangat,” ujar Ferdiyan.

Kegiatan pada pelaksanaan JPI tahun 2020, ditambahkan Ferdian, akan tetap dilaksanakan. Ada dua jenis kegiatan, yaitu penayangan Konten Daerah yang dibuat setiap perwakilan Provinsi yang diikuti seluruh peserta JPI dengan membuat video berisi tentang kegiatan sosial, pengenalan potensi daerah dan pertunjukan seni daerah serta Seminar Kebangsaan.

Provinsi Babel bersama dengan Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) yang merupakan alumni tahun sebelumnya, dijelaskan Ferdiyan, akan melaksanakan kegiatan dimaksud dengan kriteria yang telah disiapkan oleh Kemenpora.

‘’Video kegiatan sosial sudah kita dilaksanakan di Taman Mandara Pangkalpinang. Untuk potensi daerah kita akan mengenalkan destinasi wisata, yaitu Pagoda, Kolong Biru, Jembatan Emas, Batu Belimbing dan Wisma Ranggam. Untuk pertunjukan seni daerah, nantinya kita akan menampilkan Senam Bedincak dan hasilnya akan kita kirim ke pusat,” ungkapnya.

Kegiatan penayangan pembuatan video akan dilaksanakan selama empat hari, dimulai pada Selasa 24 November hingga Jumat 27 November 2020.

Rakor persiapan pelaksanaan JPI tahun 2020 juga membahas tentang kostum yang akan ditampilkan, dan latihan menari Bedincak yang akan diikuti sebanyak empat belas peserta dari PPMI Babel.(rel/reza).

Komentar

Berita Lainnya