oleh

Januari, Pengerjaan Fisik Musi IV Dimulai

MUSI IVPALEMBANG I Pengerjaan fisik jembatan Musi IV dipastikan dimulai Januari 2016. Hanya saja ground breaking atau pemancangan tiang awal belum dapat ditentukan akan dilakukan di kawasan Seberang Ulu atau Seberang Ilir lebih dulu.

‪Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolitan Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional (BBJN) III Azwar Edie mengatakan, ketika pembangunan fisik dimulai, seluruh warga di kawasan tersebut sudah harus pindah. Pihaknya pun telah mengirimkan surat pada Walikota Palembang untuk dapat mengarahkan seluruh warga yang telah menerima ganti rugi sehingga dapat segera pindah.

‪Menurut Azwar, sebelum ground breaking dimulai, lokasi sudah harus steril. “Setelah tanda tangan kontrak hari ini, tahap selanjutnya kita akan mobilisasi. Termasuk mobilisasi personil, alat, dan menyiapkan area kerja,” tuturnya, Rabu (16/12/2015).

‪Pemancangan tiang pertama pun akan melihat dulu lokasi mana yang siap terlebih dulu. Baru kemudian akan memulai pengerjaan dengan melakukan pemasangan patok.

‪”Pembebasan lahan sudah selesai secara keseluruhan dibayarkan. Sekarang sih sudah ada beberapa warga yang pindah, tetapi secara keseluruhan kita sudah pinta Pemkot Palembang untuk dapat mengingatkan warga untuk mencari tempat tinggal baru,” ucapnya.

‪Pengerjaan yang dimulai Januari mendatang, dikatakannya dapat selesai sesuai target sebelum akhir tahun 2017 mendatang. “Insya Allah November 2017 sudah dapat dilalui, sehingga target Asian Games tahun 2018 sudah benar-benar beroperasi penuh,” ucapnya.

‪Jembatan Musi IV ini akan dibangun dengan total panjang 1.130 meter dengan bentang tengah cabel stay 320 meter. Nantinya jalan di jembatan ini akan dibuat satu jalur untuk dua arah dengan dua lajur kendaraan.

‪Proyek pembangunan jembatan ini akan dikerjakan oleh PT Adhi Karya sebagai pihak kontraktor. (Supardi)

Komentar

Berita Lainnya