pemkab muba pemkab muba
Lahat

Jaga Kebersihan Toilet OPD Ini Yang Bakal Dilakuka PJ Bupati Lahat

54
×

Jaga Kebersihan Toilet OPD Ini Yang Bakal Dilakuka PJ Bupati Lahat

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Lahat – Pentingnya kebersihan dalam menunjang kinerja, Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, SSTP MSi melakukan penilaian toilet terbersih dan terjorok untuk seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Lahat.

Muhammad Farid mengatakan, penilaian toilet terbersih dan terjorok ini sebagai upaya mewujudkan kantor dan sekolah yang bersih dan nyaman. Menurutnya, selama ini posisi toilet sering disepelekan, letaknya rata-rata di bagian belakang dan sering dijadikan alasan untuk tidak terlalu diperhatikan.

“Saya lihat masih ada toilet di OPD yang terlihat jorok. Padahal fungsi toilet ini sangat vital. Ini untuk memotivasi semuanya, masa berleha-leha sudah selesai, tutup buku,” kata Muhammad Farid, Rabu (26/6/2024).

Muhammad Farid menuturkan, penilaian toilet kantor terbersih dan terjorok itu rencananya akan diumumkan ketika usai upacara HUT RI, 17 Agustus mendatang. Untuk toilet terbersih nanti akan mendapatkan bendera putih, sedangkan untuk toilet terkotor akan dapatkan bendera hitam.

“Yang seperti ini terkadang memang harus dipecut. Jika sampai dapat predikat terjorok, pasti akan jadi ingatan. Jadi nanti semuanya akan berlomba-lomba untuk menunjukkan kebersihan toiletnya,” tuturnya.

Penilaian toilet terbersih dan terjorok ini menurut Muhammad Farid, akan meningkatkan kedisiplinan para pegawai dan guru terhadap kebersihan. Karena bersih tidaknya toilet bisa mencerminkan bagaimana karakter ASN di OPD dan sekolah tersebut.

“Yang saya sentuh ini ialah kesadarannya. Dari kebersihan toilet ini saja, nanti bisa buat semua di lingkungan OPD tersebut saling menghargai. Bahkan karyawan di tingkat office boy saja nanti akan dihargai,” sampainya. Sfr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *