oleh

‘Jaga Kandang’, Camat dan Polsek Kontrol Lingkungan Melalui Siskamling

MUSI BANYUASIN – Camat Jirak Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Yudi Suhendra, SE, M.Si beserta Babinkamtibmas Polsek Sungai Keruh, Babinsa Jirak, dan Pemerintah Desa di wilayah kecamatan Jirak Jaya melaksanakan monitoring kampung, melalui sejumlah pos ronda yang ada di setiap desa ataupun dusun dalam wilayah Kecamatan Jirak Jaya.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi gangguan keamanan di sekitar lingkungan dan sesuai dengan Surat Edaran Bupati Nomor 300/130/KESBANGPOL/2020 Tentang Pengaktifan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) dan PAM Swakarsa di Kelurahan dan Desa guna menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 440/2014/Polpum perihal antisipasi pencegahan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

“Ya, kami memanfaatkan malam Minggu, untuk melakukan monitoring bersama dengan Babinkamtibmas Polsek Sungai Keruh, Babinsa Jirak, Pemerintah Desa setempa. Tentunya mengecek secara langsung kondisi sejumlah Pos Ronda atau Simkamling disejumlah desa,” terangnya, Sabtu (18/7/2020).

Dengan aktifnya kembali Siskamling di lingkungan masyarakat ini diharapkan dapat menciptakan rasa aman, dan ketertiban, serta tingkat kesadaran masyarakat akan rasa aman itu sendiri. Selain itu, dengan Siskamling dapat meningkatkan rasa persaudaraan atau kekompakan antar tetangga.

“Banyak manfaat dari Siskamling sebenarnya, selain meningkatkan rasa aman. Bisa juga mampererat rasa peduli antar tetangga lingkungan itu sendiri,” bebernya. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya