oleh

Istana Tegaskan Pemerintah tak Punya Afiliasi dengan Buzzer

JAKARTA I Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral menegaskan, pemerintah tak memiliki afiliasi dan hubungan dengan para buzzer di media sosial (medsos) yang menyerang para pengkritik pemerintah. Pemerintah, kata dia, menghormati kebebasan berekspresi dan berpendapat di ruang publik.

Hal ini disampaikan Donny menanggapi serangan dan tudingan terhadap komika Bintang Emon setelah mengkritisi kasus penyidik KPK Novel Baswedan.

“Pemerintah tidak ada hubungannya dengan buzzer. Apa pun afiliasi buzzer itu tidak ada korelasi dengan pemerintah. Pemerintah menghormati kebebasan berekspresi dan berpendapat di ruang publik,” ujar Donny, Selasa (16/6).

Donny menilai, apa yang disampaikan oleh Bintang Emon merupakan hak berpendapat warga negara dan tidak boleh dikekang atau pun dibatasi. Ia pun meminta agar para buzzer tersebut dilaporkan ke kepolisian jika memang terbukti ada pelanggaran hukum atau pun ditemukan adanya perbuatan tidak menyenangkan.

“Jadi buzzer-buzzer itu saya kira kalau ternyata mereka terbukti ada pelanggaran hukum ya silakan diproses saja. Pemerintah tidak ada sangkut-pautnya dengan buzzer-buzzer yang dituduhkan itu,” ucapnya.

Donny juga memastikan, pemerintah tidak akan melindungi para buzzer. Pemerintah, kata dia, tak memiliki keterkaitan dengan para buzzer yang menyerang para pengkritik pemerintah. Selain itu, pemerintah juga tidak mengkoordinasi para buzzer tersebut.

“Tidak (tidak akan melindungi). Kalau mereka dalam aktivitasnya ternyata ada unsur pidana ya silakan diproses. Tapi pemerintah tidak di dalam posisi untuk mengatakan apa-apa, karena buzzer itu inisiatif mereka sendiri. Tidak dikoordinasi oleh siapa-siapa,” ujarnya. (*)

Sumber: republika.co.id

Komentar

Berita Lainnya