pemkab muba
Bangka Belitung

IJTI Bangka Belitung Dukung Penuh Pembentukan Korda IJTI Bangka Selatan

78
×

IJTI Bangka Belitung Dukung Penuh Pembentukan Korda IJTI Bangka Selatan

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

BANGKA BELITUNG – Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung penuh pembentukan Koordinator Daerah (Korda) IJTI Kabupaten Bangka Selatan.

Joko Setyawanto, Ketua Pengurus Daerah IJTI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan, sebagai organisasi profesi IJTI Bangka Belitung sangat mendukung dan mengakomodir langkah teman-teman jurnalis di Bangka Selatan untuk membentuk (Koordinator Daerah) Korda.

Dia bilang, langkah ini setidaknya merupakan nawacita untuk menjadi lebih profesional dalam melayani masyarakat lewat pemberitaan yang mengedepankan jurnalisme positif.

“Sebagai organisasi profesi tentu kami sangat mendukung dan mengakomodir langkah teman-teman jurnalis di Bangka Selatan untuk membentuk (Koordinator Daerah) Korda. Langkah ini setidaknya merupakan nawacita untuk menjadi lebih profesional dalam melayani masyarakat lewat pemberitaan yang mengedepankan jurnalisme positif,” kata Joko, di Pangkalpinang, Kamis (1/2/2024).

Joko menambahkan, tantangan arus informasi membutuhkan profesionalisme jurnalis mengingat sadar atau tidak sadar, ditengah derasya badai informasi seperti saat ini, televisi menjadi benteng terakhir informasi tempat publik mendapatkan klarifikasi dan konfirmasi atas validasi sebuah informasi berita.

“Untuk menjadi profesional, syarat utama yang harus dimiliki adalah kompetensi, dan ini menjadi tugas dan tanggungjawab bersama antara organisasi profesi dan seluruh anggotanya untuk dapat terus meningkatkan kapasitas kompetensi agar dapat melahirkan karya-karya jurnalisme yang layak dikonsumsi dan menjadi rujukan sekaligus ruang advokasi publik,” ujarnya.

Tak hanya itu. Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pusat juga memberikan restu pembentukan Koordinator Daerah (Korda) IJTI Kabupaten Bangka Selatan. Restu IJTI Pusat diperoleh setelah mendapat rekomendasi mandat dari Pengda IJTI Bangka Belitung.

Sejumlah jurnalis atau wartawan media online Bangka Selatan yang memproduksi berita audio visual mendatangi sekretariat IJTI Pusat di Lantai 5 Gedung Dewan Pers, Jakarta pusat, beberapa waktu lalu selama dua hari.

Kedatangan para wartawan ini dalam rangka berkoordinasi tentang pembentukan Koordinator Daerah IJTI Kabupaten Bangka Selatan.

Kepala Sekretariat IJTI Pusat, Kurniadi, menyambut baik kedatangan wartawan dan rencana pembentukan Korda IJTI Kabupaten Bangka Selatan.

IJTI Pusat memberikan restu pembentukan Korda IJTI Bangka Selatan, namun tetap mengacu kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IJTI terbaru.

IJTI Pusat meminta sejumlah jurnalis tersebut untuk mempersiapkan pelaksanaan Musyawarah Koordinator Daerah (Muskorda) kesatu Korda IJTI Bangka Selatan dalam waktu dekat.

“Kami dari IJTI Pusat sangat menyambut positif teman-teman wartawan dari Bangka Selatan yang ingin bergabung dengan IJTI. Kita sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas hal ini. IJTI merupakan salah satu konstituen Dewan Pers terkait masalah informasi dan mapan. Kita sangat terbuka dengan teman-teman yang ingin bersatu pada menghidupkan nama IJTI di Bangka Selatan,” kata Kepala Sekretariat IJTI Pusat, Kurniadi.

Ketua Pelaksana Muskorda kesatu Korda IJTI Bangka Selatan, Wiwin Suseno, SE, mengatakan usulan pembentukan Korda IJTI Bangka Selatan tersebut sebelumnya telah mendapat rekomendasi dan mandat dari Pengen IJTI Provinsi Bangka Belitung.

Menurut Wiwin, para wartawan yang tergabung dalam rencana pembentukan Korda IJTI Bangka Selatan akan segera melaksanakan Muskorda kesatu tersebut.

“Kedatangan kami ke IJTI Pusat dalam rangka untuk berkoordinasi sesuai dengan mandat dari Pengda IJTI Provinsi Bangka BelitungBelitung terkait rencana pembentukan Korda IJTI Bangka Selatan.

“Alhamdulillah kedatangan dan niat baik kami disambut baik oleh IJTI Pusat. Semoga nanti pada hari pelaksanaan Muskorda kesatu dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat memberi kontribusi positif untuk Bangka Selatan, bangsa dan negara,” kata Wiwin Suseno.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangka Selatan, Yuri Siswanto, mengatakan dibutuhkan kolaborasi dengan semua pihak terkait.

“Pihak yang memiliki peranan strategis adalah teman-teman dari media. Ketika teman-teman media ingin bergabung dengan IJTI lalu kemudian mendapatkan tularan kapasitas dan skill yang baik tentu saja itu sebuah modal untuk kita sama-sama mengkolaborasikan kemajuan Bangka Selatan,” ujar Yuri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *