oleh

HUT ke-75 Kabupaten Muara Enim, Bupati Ajak Masyarakat Maknai Tiga Paradigma Ini

MUARA ENIM – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-75 Kabupaten Muara Enim, Jum’at (19/11/2021), di Halaman Kantor Bupati Muara Enim.

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi Kab. Muara Enim ke-75 Tahun ini sebagai wujud penghormatan kepada para pendahulu kita selaku pendiri negri ini (Founding Father) yang telah memperjuangkan hak demi menciptakan negeri “Serasan Sekundang” sebagaimana yang tertera pada pita di lambang Kabupaten Muara Enim.

“Sudah selayaknya kita sebagai penerus estapet, pemerintahan ini menjadi tanggung jawab kita untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang belum sempat terealisasikan oleh pendahulu-pendahulu kita terdahulu, yakni mewujudkan masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejahtera. Yakinlah jika kita bersatu, kompak dan solid, saling serasan, saling sekundang serta mengesampingkan kepentingan pribadi atau golongan dengan mengedepankan kepentingan orang banyak, maka pembangunan yang menjadi alat untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejahtera dapat kita capai,” ucap HNU.

Lebih lanjut, ia mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai peringatan hari jadi Kabupaten Muara Enim ke-75 tahun ini melalui 3 paradigma. Pertama, retrosfektif yaitu menengok kebelakang sebagai sebuah mata rantai sejarah yang menjadi referensi dan pondasi mengantarkan kita pada saat ini melalui semangat maupun warisan pendahulu untuk mencapai masa kini dan masa depan.

Kedua, yaitu introspeksi yaitu peringatan hari jadi ini sebagai sebuah renungan, introspeksi atau evaluasi diri terhadap hal – hal yang telah, akan ataupun belum tercapai sehingga menjadi jawaban dalam menghadapi permasalahan maupun tantangan di masa depan.

Ketiga, prospektif yaitu mari kita optimis berkeyakinan untuk menggapai masa depan Kabupaten Muara Enim yang jauh lebih baik dengan desain maupun perencanaan yang tepat , serta dilandasi solidaritas dan kerja keras.

“Semoga semua niat baik kita untuk mewujudkan Kab. Muara Enim yang lebih baik ini diridhoi oleh Allah SWT dan menjadi ladang pahala bagi kita semua,” pungkas HNU.

Tidak hanya memperingati hari Jadi Kabupaten Muara Enim yang ke-75 saja, juga turut memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-63, Hari Guru Nasional ke-28 dan Hari Korpri ke-50 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2021.

Seusai melaksanakan Upacara, Pj Bupati Buka Secara Resmi Gerai Oleh-Oleh Muara Enim, di ketahui Guna meningkatkan daya saing melalui fasilitas pemasaran produk unggulan yang dihasilkan para pengusaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil dan menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Muara Enim, Pemkab. Muara Enim melalui Dinas Perdagangan membuat Gerai Oleh-oleh Muara Enim.

Gerai Oleh-oleh yang terletak tepat di depan Kantor Pemkab Muara Enim ini menyediakan berbagai macam produk khas ataupun cinderamata dari semua sudut Bumi Serasan Sekundang, seperti kerajinan tangan, souvenir, makanan, minuman, termasuk busana khas seperti kain batik, kain jumputan, kain songket dan tentu yang tak boleh ketinggalan yakni Kopi Semendo yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung ataupun para wisatawan yang singgah di Bumi Serasan Sekundang.

Pj Bupati mengungkapkan, Gerai oleh-oleh Muara Enim ini menjawab kebutuhan masyarakat terkhusus aspek pemasaran, karena UMKM telah memberikan kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Muara Enim. Hadirnya gerai ini diharapkan UMKM dapat terus berinovasi dalam mengembangkan produk-produknya.

“Semoga Gerai Oleh-oleh ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, sebagai sentra promosi kerajinan daerah dengan memamerkan produk kerajinan dan oleh-oleh dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Selain itu, Pj Bupati juga berharap dengan lokasi yang cukup strategis, Gerai Oleh-oleh Muara Enim ini akan mudah dijangkau dan mudah dilihat siapa pun yang melintas, sehingga diharapkan kedepannya Gerai Oleh- oleh ini dapat menjadi salah satu ikon di Kabupaten Muara Enim.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmaanirrahiim Gerai Oleh-oleh Muara Enim, saya nyatakan resmi dibuka,” ucap HNU.

Setelah menandatangani prasasti, menggunting pita, dan melepas balon udara tanda diresmikannya Gerai Oleh-oleh Muara Enim, Pj Bupati Muara Enim bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim Hj Renny Devi Nasrun Umar juga Unsur Forkopimda, Pj Sekda bersama Ketua Dharma Wanita Kabupaten Muara Enim dan tamu undangan langsung meninjau Gerai Oleh-oleh Muara Enim yang diakhiri dengan nyeruput Kopi Semendo racikan Barista Cilik Bumi Serasan Sekundang. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya