oleh

HNU: Jadikan MTQ Sebagai Ladang Ibadah

MUARA ENIM – PLH Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MH, membuka langsung acara perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten ke XXXVII Tahun 2021, di halaman Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, Senin (5/4/2021) malam.

Pelaksanaan perlombaan MTQ ini disambut dengan antusias masyarakat Kabupaten Muara Enim, dibuktikan dengan berbondong-bondongnya masyarakat mengikuti serta menghadiri acara pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim ini.

Disampaikan Ketua Pelaksana, Zulfikar SAg MM, Kegiatan pMTQ ini diikuti oleh peserta dari 22 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim, dimana peserta MTQ berbakat siap bersaing untuk mengikuti ajang perlombaan. Kegiatan ini menjadi ajang bagi peserta untuk menampilkan bakat terbaik mereka, dan yang menjadi juara akan mendapatkan uang pembinaan dan tropi, juga akan mewakili ditingkat Provinsi bahkan Nasional serta Internasional.

MTQ kali ini mengusung tema “Kita wujudkan SDM yang unggul profesional dan Qurani menuju kabupaten Muara Enim yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera”, dan “Kita gali potensi minat dan bakat menuju generasi Qurani yang unggul cerdas dan berakhlakul karimah,” tukasnya.

PLH Bupati Muara Enim, Dr H Nasrun Umar SH MH menyampaikan, MTQ ini adalah kegiatan keagamaan yang positif dan telah menjadi tradisi yang melekat dalam struktur Bangsa kita, masyarakat kita, dan galian MTQ senantiasa membawa kearifan dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat.

Lanjutnya, melalui acara ini selain media dakwah, siar keagamaannya efektif juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu perkembangan pembangunan di daerah. Di dalam setiap penyelenggaraan MTQ, kata HNU, sepatutnya untuk senantiasa memperbarui dan memantapkan niat, bahwa MTQ ini merupakan bagian dari ibadah.

“Yang dimusabaqohkan adalah Kalam dan firman Allah SWT yang diarahkan kearah upaya menumbuhkan kecintaan dan gairah masyarakat untuk senantiasa mempelajari serta memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman dalam hidup kita,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Disamping itu, Kalam ilahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ ini akan menciptakan nuansa religius dan menghadirkan bhatin bagi masyarakat, selain tentunya dapat kita jadikan sebagai ajang silaturahim dalam memperkuat rasa persaudaraan.

Selanjutnya PLH Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MH, didampingi Plt Sekda Muara Enim dan unsur Muspida lainya, lakukan pemukulan beduk tanda dibukanya lomba MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim yang dipusatkan di Kecamatan Gelumbang. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya