oleh

Harga Ayam di Kabupaten Bangka Melejit Rp40 Ribu per Kilogram

BANGKA | Pedagang di Pasar Sungailiat menyatakan bahwa kenaikan harga daging ayam mulai terasa sepekan menuju bulan Ramadan. “Naik untuk harga ayam,” kata Yanto, pedagang di Pasar Sungailiat.

Hal tersebut juga diakui oleh Toni yang juga pedagang di Pasar Sungailiat. Menurut Toni, harga daging ayam kini mencapai Rp 40.000 per kilogram. “Biasanya Rp 30.000 kan, sekarang sudah Rp 40.000,” jelasnya.

Kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak seminggu sebelum bulan suci Ramadan. “Saat ini harga ayam bersih Rp.40 ribu/Kg, kemudian ayam bulat Rp.35 ribu/Kg. Padahal kalau untuk harga normal biasanya hanya berkisar mulai dari Rp 30 ribu/Kg,” ungkapnya.

Toni sendiri tak mengetahui lebih jauh mengapa harga naik. Padahal untuk stok kebutuhan ayam di Bangka sejauh ini masih aman, karena stok dari pemasok daging ayam di daerah tersebut masih mencukupi hingga lebaran nanti.

Dia mengakui, meskipun daging ayam mengalami kenaikan, namun sejauh ini untuk daya beli masyarakat masih berjalan normal seperti biasa. “Kalau pembeli sih masih standar saja, masih biasa saja macam kemarin-kemarin, ya namanya dagang. Tapi dengan harga segitu ya kasian juga pembeli kami,” imbuhnya.

Ditanya prediksi harga daging ayam pada tiga atau dua hari jelang lebaran, Ia mengaku tidak bisa memperkirakannya karena hal itu tergantung dengan stok daging ayam yang tersedia.

Kalau berkurang stoknya bisa saja harga daging ayam akan naik lagi dan sebaliknya kalau persediaannya banyak maka bisa saja harga daging ayam akan turun. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya