oleh

Hadiri Rakernas 2022, Kwarda Sumsel Paparkan Kesiapan Pertikaranas IV

JAKARTA – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumatera Selatan yang diwakili Sekertaris Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Hasanuddin S Pd M si bersama Waka Kwarda Sumsel Sumaiyah MZ hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka (GP) Tahun 2022.

Rakernas GP kali ini berlangsung di Gedung Sarbini Taman Wiladatika Cibubur Jakarta dan dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Komjenpol Purn Budi Waseso, Rabu (30/3/2022).

Peserta Rakernas GP 2022 dihadiri oleh unsur Kwartir Nasional, Kwartir Daerah se Indonesia Pinsaka Nasional dan Pinsako yang hadir langsung maupun berpartisipasi secara online via aplikasi zoom.

Dengan mengusung tema Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa, Rakernas GP Tahun 2022 akan berlangsung selama dua hari, 30 sampai 31 Maret 2022.

Melalui Rakernas ini juga diharapkan Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam menjaga dan membangun bangsa Indonesia ke depan dalam proses pemulihan di segala bidang dari dampak pandemi Covid 19 beberapa tahun lalu.

Ketua Kwartir Nasional, Budi Waseso menjelaskan dalam sambutannya bahwa Gerakan Pramuka harus menjadi Organisasi pelopor perubahan prilaku dan menjadi pramuka yang berdedikasi.

“Kita harus bertekad mendedikasikan diri untuk menjadikan kaum muda Indonesia insan yang dapat mengabdikan diri untuk bangsa tanpa kenal batasan. Anggota pramuka juga harus siap sedia dan saya minta siap untuk menjadi duta perubahan prilaku,” ungkapnya

Sementara itu sekretaris kwarda Sumsel, Hasanuddin S Pd M si yang hadir langsung dalam Rakernas GP 2022 mengutarakan kebanggaan dan rasa syukurnya dapat hadir langsung dan berkontribusi serta bisa bersilaturahim bersama kwartir nasional bersama seluruh Kwarda se-Indonesia.

“Tentu kami bersyukur dan berbangga bisa hadir pada Rakernas Tahun 2022. Rakernas ini penting dan strategis bukan hanya untuk menyusun kegiatan Kwarnas ke depan tetapi juga bagi Sumsel tahun ini mendapat kehormatan sebagai penyelenggara Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Nasional ke 4 (Pertikaranas IV),” jelasnya.

Sekretaris Kwarda Sumsel ini juga mengungkapkan bahwa Sumsel sudah berpengalaman melaksanakan kegiatan level nasional bahkan internasional dan akan paparan kesiapan serta komunikasi dengan ketua kwarnas kak Budi Waseso terkait kegiatan ini sudah terjalin dengan baik.

“Kita akan menyampaikan paparan kesiapan sebagai tuan rumah dan tentu berharap dukungan semua pihak untuk suksesnya acara ini. Kami sudah berdialog dengan Ka Kwarnas dan beliau minta agar dipersiapkan dengan baik. Kita akan menjawab tantangan ini semaksimal mungkin akan mempersiapkan untuk kesuksesan kegiatan pertikaranas IV ini. Tentu pengalaman menjadi tuan rumah jamnas 2011 yg pesertanya jauh lebih banyak, merupakan modal penting bagi kita untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan Pertikaranas Tahun 2022,” pungkasnya.

Senada, Wakil Ketua Kwarda Sumsel bidang Pembinaan anggota Dewasa, kak Sumaiyah juga mengapresiasi undangan Rakernas 2022 ini dan berharap program yang didesain nantinya dapat menyiapkan Pramuka dewasa yang mampu membentuk anggota muda yang lebih baik untuk menggapai masa depan.

“Kita dari Sumsel mendorong agar kegiatan orang dewasa secara konsep dan aplikasinya dapat dilakukan secara merata, profesional dan mandiri. Hal ini selaras dengan tema Rakernas Tahun 2022 yakni mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa. Dalam kaitan ini peran orang dewasa dalam Gerakan Pramuka penting dan akan terus diharapkan,” tutupnya.

Adapun perwakilan unsur Kwartir daerah Sumsel yang hadir pada Rakernas 2022 yaitu Waka Binawasa Kak Sumaiyah, Sekretaris Kwarda Sumsel Kak Hasanuddin, Wakil Sekretaris kak Arwan, bendahara kak Listiya dan dewan kerja daerah bersama tim humas Kwarda Sumsel. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya