pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Hadir Sebagai Pemateri di LKS Angkatan XXI, Alki Arahkan Literasi Digital kepada Peserta

204
×

Hadir Sebagai Pemateri di LKS Angkatan XXI, Alki Arahkan Literasi Digital kepada Peserta

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

OKI – Pengurus Bersama Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (PB IKA LKS) Provinsi Sumsel bersama PB IKA LKS Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar LKS angkatan ke-XXI.

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta pelajar perwakilan SMA dan SMK se-kabupaten OKI di SMKN 1 Kayuagung.

Dalam kegiatan PB IKA LKS Angkatan ke-XXI megusung tema ‘Membentuk Karakter Pemimpin Berlandaskan Pancasila’.

Dalam sambutannya, Duta Literasi Kabupaten OKI, M.Alki Ardhiansyah Iskandar mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak penyelenggara IKA LKS karena diberi kesempatan mengisi waktu sebagai pemateri kepada para peserta LKS.

“Semoga kegiatan positif ini akan mengorbitkan para pemimpin muda sebagai next generation,” ungkap Alki Ardhiansyah Iskandar, Kamis (30/6/2022).

Alki mengungkapkan, para pelajar kaum milenial di era kemajuan digital saat ini untuk menggunakan akun sosial media secara bijak, cermat, cerdas dan juga patuh terhadap hukum dan norma-norma berlaku di negara kita.

“Saya sebagai Duta Literasi mengingatkan dan mengajak adik-adik pelajar agar lebih bijak menggunakan media sosial, terutama dalam menyaring sebuah informasi yang berkembang,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, pengguna media sosial sebaiknya menyaring terlebih dahulu informasi yang dibaca.

“Apakah berita itu ada unsur bohong (hoax) atau sebuah informasi berita toxic bersifat negatif,” imbuhnya.

Alki berharap kepada semua pelajar yang mengikuti LKS untuk saling membantu menyosialisasikan literasi digital. Hal itu bertujuan agar terciptanya sebuah ekosistem untuk kemajuan kabupaten OKI.

“Mari bersama kita ciptakan ekosistem yang bersih, sehat, bijak, cerdas dan cermat dalam berliterasu digital untuk membangun Kabupaten OKI yang lebih baik lagi tentunya di dunia digital,” tutupnya.

Sementara itu, ketua PB IKA LKS Sumsel Yovie Van Houten mengapresiasi, hadirnya Duta Literasi Kabupaten OKI sebagai pemateri sebuah bentuk sinergitas memberikan pencerahan kepada para peserta.

“Kami sebagai panitia mengapresiasi hadirnya Duta Literasi. Beliau adalah pemateri yang sesuai dengan sinergitas keilmiahan akademisi, para pelajar IKA LKS harus dibekali dengan literasi-literasi kepemimpinan khususnya,” katanya.

Yopie mengatakan, pasca pandemi Covid-19, angkatan IKA LKS Ke-XXI hanya 66 peserta, pada angkatan sebelumnya jumlah peserta sampai 300 pelajar.

“Untuk jumlah peserta pelajar yang mengikuti IKA LKS saat ini 66 pelajar perwakilan dari SMA dan SMK se-Kabupaten OKI mengingat pasca pandemi Covid-19 pada angkatan sebelumnya jumlah pelajar yang mengikuti sampai 300 peserta.” katanya.

Ia mengungkapkan, kegiatan IKA LKS mengarahkan para pemuda sebagai calon pemimpin masa depan. Melalui LKS salah satunya Candradimukaawal dari proses munculnya sosok pemimpin masa depan.

Ia menambahkan, saat ini adalah waktu untuk menunjukan pemuda itu harus melalui proses kepemimpinan, baik ingin menjadi sebuah aktivis organisator maupun menjadi calon pemimpin masa depan di kabupaten OKI.

“Artinya salah satu Candradimuka dari proses kepemimpinan seorang pemuda ada di IKA LKS,” ucapnya.

“Harapan kita IKA LKS walaupun belum terlalu besar sumbangsihnya, kami terus berusaha memberikan pencerahan kepada pemuda dan generasi penerus di Kabupaten OKI agar lahirnya para pemimpin melalui proses di IKA LKS,” tutupnya. (Ellen Utami)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *