oleh

Gubernur Erzaldi Bantu Warga Evakuasi Pencarian Korban Jembatan Delas

AIR GEGAS | Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman sigap membantu dalam mengevakuasi pencarian korban robohnya jembatan di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kab. Bangka Selatan, Kamis (16/4/20).

Di lokasi itu Gubernur Erzaldi Rosman memimpin Anggota Basarnas, BPBD, Pramuka Peduli, dan warga masyarakat mencoba mencari korban yang diperkirakan masih terjebak di antara puing jembatan yang roboh, dibantu alat berat.

Gubernur Erzaldi Rosman memerintahkan para petugas menyusuri sungai dan mencari di antara puing-puing jembatan. Namun, setelah beberapa jam mencari, korban belum diketemukan.

Korban atas nama Alpian bersama anaknya yang saat kejadian melintasi jembatan itu. Naas motor yang ditumpangi masuk ke dalam sungai di bawahnya, Alpian langsung tidak terlihat sejak kejadian itu, sedangkan anaknya Donas mengalami beberapa patah tulang.

Kehadiran Gubernur Erzaldi di Desa Delas adalah untuk melihat secara langsung lokasi jembatan yang roboh.

Dalam keterangannya dikatakan, awal kehadirannya di desa itu adalah untuk melihat kondisi jembatan yang roboh. Namun, melihat para petugas dan warga yang sedang melakukan pencarian korban, Gubernur Erzaldi langsung ikut turut membantu.

Jembatan yang menjadi urat nadi aktivitas warga desa setempat menghubungkan dengan beberapa desa Sekitar.

Oleh sebab itu, BPBD Provinsi Kep. Babel dan Dinas PU Provinsi Kep. Babel berencana akan menempatkan Jembatan Bailey, menunggu pembangunan jembatan tahun 2021 nanti.

Gubernur Erzaldi Rosman menjelaskan bahwa curah hujan yang tinggi menyebabkan bukaan-bukaan baru yang terjadi di daerah ekstambang. Bukaan itu membuat alur baru yang menabrak pondasi yang menyebabkan robohnya jembatan.

Menurutnya, kejadian ini tentunya menjadi pembelajaran dan mengingatkan masyarakat agar jangan sembarangan menambang atau harus merehabilitasi bekas tambang.

Ke depan pihaknya bersama Pemdes Delas akan merencanakan rehabilitasi lahan ekstambang untuk mencegah kejadian serupa, sekaligus menanam tanaman yang bermanfaat untuk perekonomian masyarakat setempat.

Dalam peninjauannya Gubernur Erzaldi Rosman didampingi Kepala PUPR Provinsi Kepulauan Babel, Noviar; Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa; Ketua Tim Basarnas, dan Kades Delas.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Erzaldi Rosman juga menyempatkan diri mengunjungi dan memberikan santunan kepada warga yang menjadi korban kemudian membagikan masker untuk masyarakat sekitar agar terhindar dari Covid-19. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya