oleh

Guardiola Belum Mampu Taklukkan Stadion ‘Angker’ Bay Arena

Pep Guardiola belum sekalipun meraih kemenangan atas Bayer Leverkusen di Stadion Bay Arena saat menangani Bayern Munich. (REUTERS/Miguel Vidal)
Pep Guardiola belum sekalipun meraih kemenangan atas Bayer Leverkusen di Stadion Bay Arena saat menangani Bayern Munich. (REUTERS/Miguel Vidal)

MANCHESTER I Kendati memiliki catatan mengesankan selama membesut Bayern Munich, Pep Guardiola ternyata belum mampu memecahkan keangkeran markas Bayer Leverkusen, Stadion Bay Arena.

Pelatih asal Spanyol itu tak pernah menang di Bay Arena pada empat laga bersama Munich. Terakhir, Die Roten ditahan imbang tanpa gol Leverkusen, Minggu (7/2/2016).

Sebelumnya, Munich takluk 0-2 dari Leverkusen pada musim 2014/15 dan hanya bermain imbang 0-0 di ajang DFB Pokal. Mantan pelatih Barcelona itu juga pernah ditahan imbang 1-1 Leverkusen di Bay Arena pada musim 2013/14.

Satu-satunya kemenangan yang pernaih diraih Guardiola di Bay Arena terjadi saat masih membesut Barcelona pada 2012. Blaugrana sukses menaklukkan Leverkusen 3-1 di babak 16 besar Liga Champions.

Pelatih 45 tahun yang musim depan hijrah ke Manchester City itu tak bisa membongkar keangkeran Stadion Bay Arena setelah hanya bermain imbang 0-0 dengan Leverkusen.

Kendati mendominasi penguasaan bola 63 persen berbanding 37 persen, Munich gagal memanfaatkan peluang menjadi gol. Hasil imbang ini diwarnai kartu merah Xabi Alonso.

Dari sembilan peluang yang dihasilkan Robert Lewandowski dkk, hanya satu tembakan yang mengancam gawang Leverkusen yang dikawal Bernd Leno.

Hasil imbang 0-0 itu juga membuat Leverkusen bergabung dengan Espanyol sebagai klub yang mampu memaksakan hasil imbang tanpa gol sepanjang karier Guardiola sebagai pelatih profesional.

Dilansir MisterChip, dari total 427 pertandingan yang telah dilalui Guardiola, hanya dua kali mencatatkan hasil 0-0, yakni ketika menghadapi Espanyol dan Leverkusen.

Namun, hasil imbang ini belum menggoyahkan dominasi Die Roten di Bundesliga Jerman. Dengan koleksi 53 poin dari 20 pertandingan, Munich masih memiliki keunggulan delapan angka dari peringkat kedua, Borussia Dortmund. (CNN)

Komentar

Berita Lainnya