oleh

Galakkan Program Tangan Bersih Generasi Sehat

PKK1KAYUAGUNG I Guna meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai betapa pentingnya kebersihan sehingga dapat terwujudnya masyarakat yang sehat, Tentunya Peran aktif Tim Penggerak PKK selaku mitra pemerintah sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu kita melakukan berbagai upaya dengan menginisiasi program unggulan salah satunya yakni program ‘Tangan Bersih Generasi Sehat’. Demikian disampaikan Ny. Hj.Lindasari Iskandar, SE selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) saat berkunjung ke SD Negeri 8 Pedamaran Desa Pedamaran III kecamatan Pedamaran OKI, Selasa (25/4/2017).

Kata dia, Melalui Program ‘Tangan Bersih Generasi Sehat’ mengajak supaya kita semua melakukan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir setiap hari dan seumur hidup sebagai suatu kebiasaan, karena hal ini penting agar kita dapat hidup sehat dan terhindar dari penyakit, antaranya kita harus mencuci tangan pakai sabun sebelum menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan besar, setelah membuang ingus, Setelah membuang atau menangani sampah, setelah bermain,memberi makan atau memegang hewan dan setelah batuk atau bersin pada tangan kita.

PKK2“Nah itu, beberapa kegiatan diantara banyak hal yang harus kita biasakan untuk cuci tangan pakai sabun,” Ujarnya didampingi Bupati OKI H Iskandar, SE dihadapan para murid disekolah tersebut.

Lanjutnya, Kepada kepala sekolah, Kepala UPTD, Pimpinan Puskesmas, Guru-guru dan semua yang hadir disini, Kami titipkan tanggung jawab pendidikan, kesehatan serta limpahan perhatian dan kasih sayang terhadap anak-anak kita disini.

“Untuk anak-anak kami disini, Tetap semangat dan belajar dengan baik dan jagalah kesehatan diri, Jadilah Juara. Ibu doakan agar cita-citamu tercapai, sayangi kedua orangtua kalian dan jangan lupa hormati gurumu,” Tandasnya.

Usai berkunjung ke sekolah tersebut, Bupati OKI H Iskandar, SE dan Ny Hj.Lindasari Iskandar, SE selaku Ketua TP PKK OKI melanjutkan kunjungan kerja atau kegiatan Supervisi, Pembinaan, Evaluasi dan monitoring (SPEM) kabupaten OKI tahun 2017 yang dilaksanakan di desa yang sama yakni bertempat di Balai Desa Pedamaran III.

PKK3Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK OKI Ny.Hj Lindasri Iskandar, SE kembali menegaskan bahwa mereka (TP PKK OKI) merupakan mitra pemerintah yang diharapkan dapat menjadi bagian dalam penggerak pembangunan di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan desa, Terlebih ditingkat rumah tangga. Maka dari itu kita mempunyai 10 program pokok.

“Dengan dilaksanakan Program tersebut, diharapkan keluarga memiliki rencana kehidupan lebih baik yang dapat diwujudkan dan selanjutnya menjadi bagian masyarakat OKI yang maju, mandiri dan sejahtera,” Tuturnya.

Selain itu, Katanya lagi, Sejalan dengan program tim penggerak PKK provinsi sumsel kami berharap tim penggerak PKK kecamatan dan desa dalam wilayah OKI juga turut mewujudkan kegiatan atau Program ‘Rumah Cinta’, Dimana kegiatan ini mengajak untuk memanfaatkan bangunan atau rumah yang dilengkapi perpustakaan kecil sebagai tempat rumah dongeng, Penitipan anak, Taman bermain dan atau Paud.

“Lalu Kegiatan Program ‘Kampung Manis’ yaitu pemanfaatan pekarangan di rumah tangga agar ditanam tebu atau cabe, harus digalakkan, Paling tidak satu (1) Desa per kecamatan dijadikan percontohan Kampung Manis, Karena Produk hasil kampung manis ini akan dijadikan produk olahan,” Imbuhnya.

Sedangkan untuk Gerakan Jamban SMS (Stop membuang air besar sembarangan), Masih Katanya, Yaitu memastikan setiap keluarga memanfaatkan jamban sehat, Artinya kita harus mampu menggerakkan masyarakat agar mau membangun jamban (bagi yang belum mempunyai jamban) dan memotivasi mereka untuk menggunakan jamban sehat.

“Agar hal ini terwujud, Kami juga berharap masyarakat mau bergotong royong atau bermitra dengan usaha pembuatan jamban baik berupa arisan Jamban, kredit jamban dan sebagainya,” Tandasnya.

Pada kesempatan ini, lanjutnya, kita juga akan memberikan bantuan dan pelayanan, diantaranya pelayanan pembuatan Akte kelahiran, pemeriksaan IVA test untuk deteksi Kanker pada perempuan seperti kanker payudara dan pelayanan kesehatan dan KB Gratis serta bantuan lainnya.

“Untuk Gerakan orangtua asuh (G-OTA) bende seguguk, insya allah memberikan bantuan kepada 2.700 anak asuh di 18 kecamatan, perkecamatan mendapat 150 paket terdiri dari 100 orang anak SD dan 50 orang anak SMP,” Ungkapnya.

Dan yang paling penting, Tambahnya, Kami ucapkan terima kasih atas perhatian bapak Bupati OKI H Iskandar, SE yang telah memberikan insentif bagi Dasawisma sejak tahun 2015 lalu yaitu lebih dari 10 ribu Dasawisma se kabupaten OKI dan mulai tahun 2017 insentif juga diberikan kepada Pengurus tim penggerak PKK desa dan juga 3 orang pengurus karang taruna desa se-kabupaten OKI.

“Kita berharap ditahun mendatang tetap akan dianggarkan sebagai bukti perhatian dan keinginan bapak Bupati OKI untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat membangun OKI dari desa yang maju, mandiri dan sejahtera berlandaskan iman dan taqwa,” Pungkasnya.(Romi)

 

Komentar

Berita Lainnya