oleh

Gairahkan Tenun Cual Beltim, Ketua Dekranasda Melati Kunjungi Rumah Produksi

GANTUNG – Dengan menggairahkan kerajinan Tenun Cual, diyakini dapat menjadi daya ungkit UMKM Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Demi membuktikan keyakinan tersebut, Ketua Dekranasda Babel mengunjungi Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kerajinan Tenun Cual “Gunong Lumut” Desa Limbongan, Kecamatan Gantung, Beltim, Rabu (17/3/21).

Selain melihat secara langsung, proses pengerjaan produksi kain cual yang dilakukan secara manual menggunakan mesin Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) atau menggunakan tangan itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel, Melati Erzaldi memotivasi para pengrajin untuk terus semangat dan meningkatkan hasil produksi.

Ketua Dekranasda, Melati Erzaldi disela-sela kunjungannya mengatakan bahwa, pendampingan dan pembinaan ini perlu dilakukan bagi pelaku UMKM dan pengrajin lokal yang kurang menguasai strategi bisnis agar tetap bertahan khususnya di masa pandemi ini. Karena langkah bisnis yang kurang jitu dapat membuat pengusaha kecil terpaksa menutup usaha mereka. Oleh karena itu, kolaborasi pemerintah dan peran komunitas sangat penting untuk membantu para pelaku UMKM agar terus berproduksi.

Ketua Dekranasda Melati memberikan apresiasi kepada pengrajin Tenun Cual Belitung Timur atas semangat yang ditunjukkannya. Karena dari 10 pengrajin yang telah mendapatkan pelatihan, hanya 2 pengrajin yang terus bertahan menekuni usahanya itu. Dirinya pun memborong sebagian hasil produksi.

“Selain warna yang cerah, motif dan teksur kain yang dihasilkan sangat menarik,” ungkapnya.

Ke depan, pihaknya bersama Pemkab. Beltim akan membantu dan membina para pelaku usaha tenun cual. Salah satunya dengan cara mengikutkan para pengrajin untuk pelatihan pembuatan motif dan pewarnaan seperti yang mereka inginkan. Sehingga nantinya bahan baku produksi tidak hanya mengandalkan dari luar Babel.

Menurut salah satu Perajin Tenun Cual Beltim, Wati dirinya merasa senang atas kehadiran Ketua Dekranasda Babel. Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan kendala yang dihadapi. Menurutnya, pelatihan pembuatan motif dan pembuatan warna dirasa sangat diperlukan untuk memperkaya produk yang akan dihasilkan.

Ikut mendampingi Wakil Ketua TP TP PKK Babel, Laksmi Abdul Fatah, Kepala Dinas UMKM Belitung Timur dan Pengurus Dekranasda Babel. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya