pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Gairahkan Semangat Kreativitas Pemuda, Dispora OKI Gelar Festival Pemuda 2022

237
×

Gairahkan Semangat Kreativitas Pemuda, Dispora OKI Gelar Festival Pemuda 2022

Sebarkan artikel ini
IMG-20220608-WA0002
pemkab muba

OKI – Guna membangkitkan semangat anak muda dalam berkreativitas dan berwirausaha, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) OKI mengadakan Festival Pemuda Bende Seguguk 2022 di Gedung Pemuda OKI.

Rangkaian kegiatan yang digelar selama tiga hari (7 s/d 9 Juli 2022) tersebut, telah berhasil menggaet anak muda kreatif yang menjalankan usahanya untuk ikut serta di dalam festival tersebut.

Dari tiga kategori perlombaan, pelaku usaha kreatif, video kreatif dan festival band, semuanya begitu digemari anak muda di OKI.

“Ada tujuh UMKM Pemuda Kreatif yang ikut serta dalam kegiatan ini, mulai dari usaha makanan ringan sampai usaha penawaran jasa,” ucap Kabid Kelembagaan dan Organisasi Kepemudaan OKI, Nila Maryati.

Nila mengatakan, UMKM Pemuda Kreatif OKI yang ikut serta dalam Festival tersebut cukup kreatif dan bervariasi.

Ia juga mengatakan, Festival Pemuda Kreatif Bende Seguguk tersebut merupakan langkah awal untuk memulihkan ekonomi di masa peralihan dari masa pandemi ke masa endemi.

“Memang kita (Dispora OKI) harus menjemput bola, karena mungkin masa pandemi membuat beberapa pemuda sedikit hilang percaya diri untuk melakukan kegiatan kreatif,” kata Nila.

Ia menjelaskan, kegiatan yang bertema ‘Peran Pemuda Cerdas Berliterasi dan Bermedia Sosial’ merupakan bentuk edukasi dari Dispora untuk pemuda OKI.

Untuk itu, pihaknya menggelar lomba video kreatif pemuda OKI. Dalam kategori lomba tersebut, lomba video kreatif anak muda OKI inilah yang paling digemari.

Ia juga menjelaskan, lomba tersebut digelar menuntut kreativitas pemuda namun tetap bijak dalam menggunakan bahasa dalam bermedia.

“Seperti lomba video Kreatif, kami sengaja menggunakan media sosial seperti Instagram. Dari narasi konten video peserta, bisa dilihat sejauh mana literasi yang digunakan oleh mereka,” jelas ibu yang memiliki semangat muda ini.

Selain itu, dalam festival tersebut Dispora menggelar Festival Band untuk menyalurkan bakat dan kreativitas anak muda di OKI.

“Sebenarnya pesertanya banyak, namun karena sesuai dengan aturan pembinaan pemuda yang membatasi usia peserta, jadi banyak yang mengundurkan diri,” tambah Nila.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut bisa terus menggali potensi potensi anak muda di OKI. Ia pun berharap di tahun berikutnya, antusiasme peserta lebih banyak lagi.

“Untuk sekarang, kita lihat keseriusan para Pemuda OKI dulu. Semoga di tahun berikutnya lebih bersemangat lagi,” ucap Nila.

Di kesempatan yang sama, Kadispora OKI Refly MZ mengatakan, kegiatan Festival Pemuda Kreatif Bende Seguguk merupakan gagasan yang baik dari Pemkab OKI untuk membangkitkan semangat anak muda untuk berkreativitas.

“Ini upaya kita untuk menjaring kreativitas anak muda OKI dan menciptakan wirausahawan muda kreatif,” ungkap Refly.

Ia juga mengatakan, dari pagelaran tersebut pihaknya tidak hanya memberikan hadiah, namun juga berupa workshop yang bisa membuat kualitas anak muda di OKI jadi lebih baik.

“Nantinya akan ada pembinaan dari pihak Dispora agar pemuda di OKI tetap berkarya,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya tidak bisa mewujudkan hal tersebut tanpa ada partisipasi dari pihak lain.

“Tentunya kami berharap Pemerintah maupun masyarakat turut bahu membahu mewujudkan impian pemuda di OKI. Mulai dari komunitas pemuda maupun seniman di OKI,” pungkasnya. (Nandoenk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *