oleh

Empat Lawang Optimis Pertahankan Juara Balita Sehat Tingkat Provinsi

Ketua TP PKK Empat Lawang Hj Fariha Syahril berfose bersama dengan para lomba balita sehat, Selasa (3/5).
Ketua TP PKK Empat Lawang Hj Fariha Syahril berfose bersama dengan para lomba balita sehat, Selasa (3/5).

EMPAT LAWANG I Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang untuk mewujudkan balita sehat di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati terus teruji. Salah satunya dengan mengadakan lomba balita sehat oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, Selasa (3/5/2016).

Ketua TP PKK Empat Lawang Hj Fariha Syahril berharap, pada tahun ini Kabupaten Empat Lawang dapat mempertahankan juara tingkat provinsi yang di peroleh pada tahun sebelumnya, dalam lomba balita sehat.

“Mudah-mudahan tahun ini Kabupaten Empat Lawang dapat menjuarai lomba balita sehat ditingkat Provinsi,” harapnya.

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Empat Lawang Taufik melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Nurul mengatakan, jika lomba balita sehat merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh Pemkab Empat Lawang melalui Dinas Kesehatan.

“Lomba balita sehat ini diikuti setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang. Setiap kecamatan mewakili dua peserta, jadi total seluruh peserta yang mengikuti berjumlah 20,” ungkap Nurul disela-sela lomba balita sehat.

Nurul menjelaskan, lomba balita sehat ini merupakan seleksi ditingkat Kabupaten, kemudian pemenangnya nanti akan mewakili Empat Lawang di tingkat Provinsi.

“Lomba balita sehat ini ada dua kategori yakni kategori pertama dari 6 bulan sampai 24 bulan, kemudian 2 tahun sampai 5 tahun. Selanjutnya pemenangnya nanti akan kita kirim ke Provinsi, untuk mewakili Kabuaten Empat Lawang di bulan Juli ini,” ujarnya.

Sedangkan untuk team juri, dikatakan Nurul langsung dinilai oleh ahli gizi, lalu Ikatan Bidan Indonesia (IBI), PKK, kemudian dokter gigi, dan dokter umum.

“Banyak kategori yang dinilai dalam lomba ini. Dari penilaian gizi, penilaian gigi, status orang tua jika pendidikan semakin rendah penilaian semakin tinggi, kemudian status imunisasi, kesehatan, kebersihan dan penampilan,” bebernya. (Ridi)

Komentar

Berita Lainnya