pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Embarkasi Palembang Terbang 27 Mei, Asrama Haji Siapkan Fasilitas Khusus Lansia

80
×

Embarkasi Palembang Terbang 27 Mei, Asrama Haji Siapkan Fasilitas Khusus Lansia

Sebarkan artikel ini
Embarkasi Palembang musim haji tahun 1444 H/2023 M akan memberangkatkan 8.192 jamaah dari Sumsel dan Bangka Belitung.
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Embarkasi Palembang musim haji tahun 1444 H/2023 M akan memberangkatkan 8.192 jamaah dari Sumsel dan Bangka Belitung.

Penerbangan perdana dari Embarkasi Palembang akan dimulai pada 27 Mei 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan pada rapat pemantapan panitia Embarkasi Palembang mengatakan tahun ini Embarkasi Palembang akan memberangkatkan 8.192 jamaah dengan rincian 7.012 jamaah asal Sumsel, 1.065 jamaah dari Bangka Belitung, dan 115 petugas kloter. Mereka akan diberangkatkan dalam 23 kelompok terbang (kloter).

“Kloter 1 Embarkasi Palembang masuk asrama haji Palembang pada 26 Mei 2023 pagi. Mereka akan diterbangkan menuju Madinah keesokan harinya. Beberapa jam sebelumnya, mereka akan dilepas Gubernur Sumsel di Aula Asrama Haji Palembang,” katanya.

Tahun ini, lanjut Syafitri, jamaah haji Embarkasi Palembang diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dari kloter 1 sampai kloter 10. Sedangkan gelombang kedua dari kloter 11 sampai kloter 23. “Untuk jamaah Bangka Belitung, mereka diberangkatkan di kloter 8, kloter 9, dan kloter 10,” terangnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil menambahkan, tahun ini ada perubahan tipe pesawat yang mengangkut jamaah haji Embarkasi Palembang. Bila tahun sebelumnya menggunakan Saudia Airlines dengan kapasitas penumpang 450 orang, tahun ini pesawat yang digunakan adalah Saudia Airlines tipe pesawat Airbus 300-330 dengan kapasitas penumpang 360 orang.

“Bila tahun lalu satu kloter berjumlah 450 orang, tahun ini berjumlah 360 orang,” terangnya.

Sementara itu, Direktur PT. Swarna Dwipa selaku pengelola Asrama Haji Palembang Rebo Iskandar Pohan, menegaskan kesiapan Asrama Haji Palembang menyukseskan penyelenggaraan haji di Embarkasi Palembang. Sejumlah fasilitas telah disiapkan dan dibenahi.

“Asrama Haji Embarkasi Palembang memiliki sejumlah fasilitas seperti tujuh gedung penginapan yang terdiri dari 278 kamar dengan kapasitas setiap kamar maksimal untuk empat jamaah. Ada juga masjid dan fasilitas manasik seperti mock up pesawat, miniatur ka’bah ukuran sebenarnya, lintasan sa’i ukuran sebenarnya, dan tempat melontar jumrah. Kita juga menyiapkan media center dan ruang transit VVIP,” jelas Rebo.

Dia menambahkan, Asrama Haji Palembang juga siap melayani jamaah lansia yang tahun ini persentasenya cukup besar. Di antaranya dengan menempatkan mereka di lantai satu gedung penginapan dan menyediakan shuttle bus untuk membawa mereka dari aula asrama haji ke gedung penginapan.

“Ada tiga gedung penginapan yang kita siapkan untuk jamaah lansia, yaitu gedung Jeddah, Madinah, dan Musdalifah. Ini kita pilih karena dekat dengan aula penerimaan jamaah. Para jamaah lansia semuanya akan kita tempatkan di lantai satu. Kita juga siapkan shuttle bus untuk para lansia, jalur khusus lansia, dan tempat menunggu khusus lansia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *