oleh

Dukungan Bakal Paslon Independen di Pilkada Basel kembali Bertambah

TOBOALI – Bakal paslon perseorangan pada Pilkada Bangka Selatan 2020, Kodi Mihdari-Rusliyadi (KORI) sampai hari ini sudah mengantongi 11.378 dukungan berarti telah memenuhi syarat pada tahap verifikasi pertama.

Namun untuk lolos syarat dukungan harus memenuhi angka 12.766. Dengan telah mengantongi 11.378 dukungan, pasangan KORI ini harus menambah kekurangan yang masih tersisa sekitar 1.388 dukungan.

Selasa (18/8/2020) tadi malam, dukungan untuk KORI kembali bertambah setelah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Toboali melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual.

Ketua PPK Kecamatan Toboali, Duddy Krishan mengungkapkan, jumlah syarat dukungan perbaikan untuk Kecamatan Toboali yang dilakukan verifikasi faktual berjumlah 1.978 dukungan. “Setelah seluruh PPS menyampaikan data, tadi malam kita gelar rekap verfak. Dari total data yang disampaikan, 989 dukungan dinyatakan memenuhi syarat,” kata Duddy, Rabu (19/8) kepada wartawan.

Menurutnya, dalam verrifikasi faktual ini pihak LO hanya mengumpulkan setengah dari total jumlah dukungan 1.978 atau sekitar 50 persen. Sehingga, 989 syarat dukungan lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat. “Selama proses verfak semuanya berjalan dengan baik. Koordinasi dengan LO lebih baik jika dibandingk dengan yang pertama. Kendala dilapangan relatif aman, LO lebih transfaran dan koorporatif dari sebelumnya,” jelasnya.

Sementara itu, ketua KPU Basel Amri mengatakan, sudah ada 6 kecamatan yang telah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual syarat dukungan perbaikan di tingkat kecamatan. “Hari ini PPK Kecamatan Airgegas dan Simpangrimba akan melakukan Pleno. Sedangkan untuk pleno ditingkat KPU sendiri akan dilaksanakan Kamis besok, 20 Agustus 2020,” kata Amri.

Ia mengatakan, jumlah dukungan pada tahapan verfak syarat dukungan perbaikan paslon perseorangan yang telah dilakukan dari tanggal 8-16 Agustus berjumlah 4.757 dukungan yang tersebar di 8 kecamatan. “Hasil perhitungan verifikasi administrasi berjumlah 4.757 dukungan. Dan pelaksanaan verfak dilakukan dengan teknis para pendukung dikumpulkan oleh LO dan atau pendukungnya datang lansgung ke sekretsriat PPS,” ujarnya. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya