oleh

DPRD Sijunjung Sumbar Pelajari E-Voting Pilkades di Musirawas

MUSIRAWAS – Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyambangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Kamis (22/10/2020) siang dalam rangka study banding alias belajar tentang penerapan sistem pemilihan kepada desa (Kades) secara E-Voting.

Kedatangan rombongan DPRD ini disambut langsung Kepala DPMD Mura, Ahmadi Zulkarnain, didamping petugas teknis E-Voting Dinas Kominfo-Statis Kabupaten Mura.

Kepada sejumlah wartawan, Ketua tim 3 DPRD Sinjunjung Provinsi Sumbar, April Marsal mengatakan, kedatangan dirinya bersama beberapa anggota tim 3, DPRD Sijunjung dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) berkunjung ke Kantor DPMD Musi Rawas. “Tujuanya, studi tiru terkait pengunaan E-Voting dalam pemilihan kepala desa,” ungkapnya.

“Tadi kita juga sudah mendapatkan penjelasan dari kabidnya, bagaimana cara kerja sistem E-Voting dan setelah dijelaskan ternyata menghemat biaya dalam pelaksanaan pilkades. Kamipun diajarkan juga bagaimana cara pengunaanya,” terang April Marsal.

Disebutkanya, setelah mendapatkan penjelasan dan cara sistemnya. Kedepan rencanaya, akan mencoba satu desa di Kabupaten Sijunjung mengelar pilkades melalui E-Voting. “sepulang ini, kita kembali mempersiapkan apa-apa saja peralatan dan pembiayaan. Ada satu desa Nagari 1 kita akan informasikan untuk menerapkan sistem E-Voting karena disan bakal pilkades,” bebernya.

Sementara itu, Ahamdi Zulkarnain menyebutkan kedatangan perwakilan rakyat DPRD Kabupaten Sijunjung Sumbar mereka study banding tentang pelaksanaan pilkades mengunakans sistem E-Voting yang selama ini sudah pemkab Mura berlakukan.

“Mereka mempertanyakan teknis bagaimana cara kerja, biaya, cara pengunaan alat tersebut. Mereka juga bertanya apakah alat ini bisa dicurangi, atau tidak. Dan semuanya sudah dipaparkan,” jelas Ahamdi.

Ketertarikan pihak Kabupaten Sijunjung akan E-Voting sudah lama dikomunikasikan. Maka dari itu, barulah berkesempatan berkunjung sekarang.
“Jika pihak pemkab Sijunjuny meminta nantinya kita membantu bagaimana cara kerja E-Voting, Ya kita siap bantu,” jelasnya. (NURDIN)

Komentar

Berita Lainnya