pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

DPRD Basel Ingatkan OPD untuk Tingkatkan Kinerja

119
×

DPRD Basel Ingatkan OPD untuk Tingkatkan Kinerja

Sebarkan artikel ini
DPRD Basel mengimbau kepada para ASN Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Basel untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan
pemkab muba pemkab muba

Beritamusi.co.id – DPRD Basel mengimbau kepada para ASN Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Basel untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan, di Ruang Rapat Junjung Besaoh DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Jum’at (31/03/2023).

Sebab, peningkatan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Basel sangat penting dalam menunjang program-program pemerintahan agar dapat terlaksana dengan baik.
Ketua DPRD Basel, Erwin Asmadi mengingatkan bahwa kinerja para pegawai di lingkungan pemerintahan, dalam hal ini dinas-dinas dan OPD perlu ditingkatkan.

Erwin pun menegaskan bahwa, kinerja OPD tidak hanya dipandang dari segi kedisiplinan anggotanya. Akan tetapi, kinerja dinas dan OPD dapat berjalan baik ketika dapat melaksanakan APBD secara tepat sasaran dan tepat aturan.

Sehingga, penyerapan APBD yang tepat manfaat dan tepat waktu tersebut dapat mendorong pelaksanaan program dan Perda dengan baik dan maksimal.

“Kami selalu melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap dinas-dinas agar kinerjanya lebih maksimal. Mengingat memang saat ini pelaksanaan kegiatan APBD 2023 mulai dilaksanakan nanti dewan sesuai dengan tugasnya akan melakukan fungsi pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh masing-masing OPD, nanti kita akan turun ke lapangan,” ucap Erwin.

Menurutnya, kinerja OPD dapat dilihat dari segi koordinasi, komunikasi, dan hasil kinerja yang berdampak kepada masyarakat Basel. Selain itu, juga perlu memperhatikan kualitas dan kuantitas dalam menciptakan program dan Peraturan Daerah (Perda) untuk penyelenggaraan pemerintahan di Basel.

Ia berharap, dinas-dinas di Basel dapat menyampaikan seluruh kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Sehingga baik dewan maupun OPD terkait dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih maksimal.

“Kami anggota dewan juga punya fungsi pengawasan, penganggaran dan pembinaan. Jadi supaya bisa meningkatkan kualitas dan kuantitasnya, memang perlu adanya pembinaan, koordinasi, komunikasi yang baik. Kami akan menjalankan fungsi pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh masing-masing opd, nanti kita akan turun ke lapangan dan minta juga kepada dinas-dinas agar menyampaikan seluruh kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan,” ujar Erwin.

“Saya tekankan sekali lagi, agar mutu daripada kegiatan tersebut, mutu daripada proyek tersebut betul-betul diperhatikan Jangan sampai mutunya dikurangi, ini kan memakai uang rakyat, yang terdampak kalau memang mutunya kurang baik yang rugi masyarakat kita sendiri. Saya juga berharap kepada insan pers, bukan hanya DPRD saja, kita sama-sama mengawasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan termasuk DPRD Kabupaten Bangka Selatan,” tegas Erwin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *