pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

DPRD Babel Sahkan Lima Raperda Sekaligus

30
×

DPRD Babel Sahkan Lima Raperda Sekaligus

Sebarkan artikel ini
IMG-20201130-WA0012
pemkab muba

PANGKALPINANG – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengesahkan lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sekaligus untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda) setelah mendengarkan pandangan akhir dari tujuh fraksi. Pengesahan kelima Raperda tersebut dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar hari ini, Senin (30/11/2020).

Adapun kelima Raperda yang telah disahkan tersebut, yakni Raperda Penyelenggaraan Perhubungan, Raperda Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan, Raperda Pembentukan SOTK, Raperda Perlindungan Lingkungan Geologi dan Raperda Pelaksanaan Protokol Kesehatan dalam Penanganan Covid-19.

Juru bicara Fraksi Partai Demokrat DPRD Babel, Ranto Sendhu menyatakan bahwa pihaknya menerima dan menyetujui kelima Raperda tersebut untuk diperdakan dengan memberikan beberapa catatan dan masukan kepada Pemprov Babel.

“Mengenai Raperda Penyelenggaraan dan Kesehatan Hewan, kami dari Fraksi Partai Demokrat memberikan beberapa catatan bahwa agar pemerintah provinsi betul-betul memberikan jaminan bahwa hasil ternak yang beredar di pasaran merupakan hasil ternak yang memang layak dikonsumsi,” kata Ranto.

Terkait Raperda Penyelenggaraan Perhubungan, diutarakan dia, pihaknya sangat berharap sekali perda ini nantinya dapat menjadi terciptanya tatanan peraturan perhubungan dan tersedianya transportasi yang baik dengan memberikan layanan tertib, nyaman, lancar, serta terjangkau oleh masyarakat.

“Kami juga meminta pemerintah provinsi mampu menciptakan ruang-ruang untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor perhubungan, khususnya penempatan ruang laut yang menjadi kewenangan provinsi,” ujarnya.

Selain itu, enam fraksi lainnya juga menyatakan menerima dan menyetujui kelima Raperda tersebut untuk dijadikan Perda dengan memberikan catatan masing-masing kepada Pemprov Babel.

Sementara, Wakil Gubernur Abdul Fatah memberikan apresiasi kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD yang telah bekerja keras dalam membahas dan mengkaji kelima Raperda ini sehingga dapat disahkan. Dia pun berjanji akan menindaklanjuti berbagai catatan dan masukan yang telah disampaikan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh pimpinan dan anggota DPRD Babel yang telah melakukan kerja keras melakukan pembahasan terhadap kelima Raperda tersebut,” ucap Wagub.

“Dan saya berharap dengan disetujuinya kelima Raperda ini dapat menjadi pedoman bagi Pemprov Babel dan masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama bersinergi dalam mewujudkan Provinsi Babel sebagai provinsi yang memiliki daya saing, sehat, dan produktif dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru,” tutupnya. (EDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *