oleh

DPJPP Kota Palembang Segera Pasang 800 Titik Lampu Jalan

PALEMBANG I Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang tahun ini berjanji akan memasang lampu jalan di 800 titik jalan yang tersebar di Kota Palembang. Karena masih banyak dibeberapa wilayah yang belum diterangi, Selain pemasangan lampu jalan baru, DPJPP juga akan melakukan perbaikan lampu jalan yang mengalami rusak.

“Pemasangan itu tersebar di 16 kecamatan. Pokoknya sudah banyak masyarakat yang mengajukan. Tapi, kita akan melihat mana yang memang mendesak perlu penerangan,” Kata Kepala DPJPP melalui Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) DPJPP Kota Palembang, M Arbain, Selasa (16/2/2016).

Dilanjutkan Arbain, DPJPP akan menganggarkan dana sekitar Rp 17 miliar untuk pemasangan lampu jalan di Kota Palembang. Selain itu, pihaknya juga akan mengganti beberapa lampu dengan lampu LED. Karena lampu LED lebih hemat listrik Salah satu kawasan yang akan menjadi prioritas untuk dipasang lampu jalan yang hingga kini pada malam hari gelap, padahal Jalan Noerdin Panji, yang merupakan jalan alternatif menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dari Kenten.

“Untuk pemasangan lampu jalan telah  dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun ini yang telah disetujui oleh DPRD Palembang.  setelah diresmikan, lampu jalan baru akan dipasang,” katanya.

Dia mengatakan, jalan yang menghubungan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Kenten tersebut, akan dipasang sekitar 170 lampu jalan. Karena jalan tersebut sangat panjang yang memerlukan banyak lampu.

Selain itu, untuk menghemat energi, DPJPP juga akan memasang lampu LED. Pasalnya, lampu ini menghemat energy. Menurut dia, lampu LED dapat menghemat energy hingga 50 persen dari total tagihan yang harus dibayar pihaknya.

“Memang lampu LED lebih mahal, tapi secara kualitas ditambah lagi dapat menghemat tagihan listrik hingga 50 persen, ini yang membuat kami memakai lampu LED,”ujar dia.

Sementara, untuk tagihan listrik setiap bulannya, lanjut Arbain, DPJPP Kota Palembang harus mengeluarkan dana sebesar Rp 6 miliar setiap bulannya untuk membiayai tagihan listrik saja.

“Kedepan kita akan melakukan upaya penghematan anggaran, sehingga anggaran tagihan listrik setiap bulan lebih hemat,”tukasnya. (Irwanto)

Komentar

Berita Lainnya