oleh

Ditreskrimsus Polda Sumsel Deteksi Karhutla, Aplikasi Songket Bisa Jadi Percontohan

Palembang l Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan menerapkan aplikasi songket untuk memantau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Sumatera Selatan.

Dijelaskan, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Pol H Anton Setiawan, SIK, SH mengatakan, bahwa penerapan ini dengan memanfaatkan tower seluler dengan memasang CCTV guna memantau kebakaran hutan dan lahan.

” Disetiap kamera bisa menjangkau hingga 5 km. Dengan terkoneksi dengan aplikasi maka mampu memantau karhurbunla,” ungkapnya kepada beritamusi.co.id, Selasa (29/06/2021).

Kemudian dirinya menambahkan, pihaknya juga sudah membahas soal teknologi ini ke pusat.

” Maka dari itu diharapkan Sumsel bisa jadi percontohan dan diterapkan secara nasional. Karena aplikasi ini sangat berguna untuk mendeteksi secara dini kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla),” harapnya.

Diketahui, songket merupakan sistem pemantauan berbasis webgis sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.

Aplikasi Songket ini terintegrasi ke semua lintas sektor kedinasan. Termasuk masyarakat juga dapat menjadi kontributor membantu mencegah Karhutla. (Abdus)

Komentar

Berita Lainnya