pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Dinkes Lahat Segera Siapkan Nakes RS Pratama

110
×

Dinkes Lahat Segera Siapkan Nakes RS Pratama

Sebarkan artikel ini
Dinas Kesehatan (Dinkes) Lahat mulai melakukan rencana kebutuhan (Renbut) Pegawai untuk persiapan tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Pratama
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Lahat mulai melakukan rencana kebutuhan (Renbut) Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan PNS yang lulus sebelumnya untuk persiapan tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Pratama (RSP) Kecamatan Tanjung Tebat, Lahat. Sebelumnya menurut Dinkes ada sebanyak 1.700 yang terdata, baik melalui PNS dan PPPK, yang nantinya akan ditempatkan sesuai kebutuhan dokter umum dan tenaga kesehatan serta lainnya.

Bupati Lahat, Cik Ujang, SH melalui Kepala Dinas Kesehatan Lahat, Taufik M Putra SKM MKes mengatakan, saat ini masih menunggu juknis kesiapan operasi RSP. Nantinya dimulai dari adanya struktur, yakni direktur, dokter umum dan lainnya. Termasuk penempatan dokter spesialis. “Kalau dokter spesialis nanti kan bisa dua tempat. Bisa dari RSUD Lahat ke RSP,” kata Taufik saat dikonfirmasi, Selasa (2/5/2023).

Menurut Taufik, saat ini untuk Sumber Daya Manusia (SDM) masih dalam tahap proses mutasi. Sehingga nanti juga akan ada beberapa pegawai ASN yang dipindahkan ke RSP untuk membantu pelayanan kesehatan.

“Jadi untuk kesiapan Rumah Sakit Pratama (RSP) masih terus dalam proses, mudah-mudahan InsyaAllah segera beroperasi di tahun 2023 ini,” kata Taufik.

Sambungnya, untuk alat-alat penunjang medis sudah ada termasuk pembanguan sudah selesai baik di gedung utama ada pelayanan rawat jalan dan poli. Bahkan ada gedung UGD, emergenci, laboratorium dan gedung rawat inap.

“Untuk alat dan fasilitas pelayanan kesehatan kami mengusulkan sebelumnya Rp 15 miliar. Berkat bantuan gubenur (Bangub) sebesar Rp 10 miliar, maka alat-alat kesehatan sudah ada di Rumah Sakit Pratama,” tutupnya. (Sfr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *