pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Dinkes Empat Lawang Sosialisasikan Pembebasan Pasung dan Rehabilitasi ODGJ

46
×

Dinkes Empat Lawang Sosialisasikan Pembebasan Pasung dan Rehabilitasi ODGJ

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi-Pasung
pemkab muba
Dinkes Empat Lawang Sosialisasikan Pembebasan Pasung dan Rehabilitasi ODGJ
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, menggelar Sosialisasi Pembebasan Pasung dan Rehabilitasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)

EMPAT LAWANG I Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, menggelar Sosialisasi Pembebasan Pasung dan Rehabilitasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tahun anggaran 2017, yang dilaksanakan di Hotel Kito Tebing Tinggi, Senin (13/3).

Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah tersebut, menghadirkan narasumber dari Dinkes Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini, dihadiri Camat, Kepala SKPD/FKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, perwakilan BNN, Kepala Desa (Kades)/Lurah, Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara itu juga, didaulat mantan pasien ODGJ yang sudah dinyatakan sembuh oleh dokter, Supriatman untuk menyampaikan puisi sebagai ungkapan terima kasihnya karena telah menjalani perawatan hingga dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar Palembang, hingga dinyatakan sembuh oleh dokter yang menanganinya.

Pelaksan tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Empat Lawang, Syahrial Podril dalam laporannya dihadapan Bupati Empat Lawang dan tamu undangan lainnya mengatakan, jika Dinkes Kabupaten Empat Lawang, pada tahun 2016 telah melaksanakan kegiatan pendataan ODGJ. Dari 362 ODGJ yang tidak dipasung, Dinkes Kabupaten Empat Lawang sudah merujuk 48 orang, ke RSJ untuk menjalani pengobatan.

“Hari ini saya laporkan, dilaksanakan Sosialisai Pembebasan Pasung, dalam artian tidak ada lagi masyarakat di kabupaten ini yang dipasung. Dalam artian bukan berarti tidak sehat terus tidak dipasung kita lepas, namun komitmen kita tidak dipasung bearti sembuh,” ujar Syahrial Podril.

Untuk mewujudkan hal itu, Syahrial Podril menyebut jika piahknya merupakan bagian dari leding sektor yakni, Dinas Sosial, BNN Empat Lawang dan Dinkes Empat Lawang sendiri yang utama.

“Perlu saya laporkan juga, dari 362 ODGJ, 48 orang sudah kita rujuk ke RSJ Ernaldi Bahar Palembang dan RSJ Bengkulu, dinyatakan mayoritas sehat dan sudah bersosialisasi kembali ke masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah dalam sambutannya mengatakan, peran Dinkes Kabupaten Empat Lawang terhadap kegiatan ini sangat mendukung agar masyarakat merubah pandangan tentang pasung atau dibalok, sehingga segera membebaskan ODGJ dari pasung dan melakukan rehabilitasi.

“Peran Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang agar pasung ini memang harus dibebaskan dan tidak hanya bebas pasung saja tetapi harus ada tindakan rehabilitasi juga agar kegiatan pasung ini tidak ada lagi di tengah masyarakat,” harapnya. (Ridi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *