pemkab muba pemkab muba
Palembang

Dilantik September, Ariyuda Akan Dorong Keterlibatan Anak Muda Sumatera Selatan di Bidang Olahraga dan Kesenian

39
×

Dilantik September, Ariyuda Akan Dorong Keterlibatan Anak Muda Sumatera Selatan di Bidang Olahraga dan Kesenian

Sebarkan artikel ini
Ariyuda Perdana Kusuma (Kiri) anggota DPRD Sumsel terpilih saat menghadiri Ujian Kompetensi Wartawan di Novotel Palembang, Jumat (5/7/2024). Foto: Reni Rentika Waty.
pemkab muba pemkab muba

Palembang – Ariyuda Perdana Kusuma, S.Sos (40), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih Dapil I Sumatra Selatan (Sumsel) menghadiri kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada Jumat (5/7/2024) di Novotel Palembang. Sebagai anggota DPRD yang akan dilantik pada September 2024 mendatang, ia menjelaskan fokusnya untuk mendorong keterlibatan anak muda di Sumatera Selatan di bidang olahraga dan kesenian.

Ariyuda melihat bahwa pelibatan pemuda dalam masyarakat perlu didorong dalam hal-hal positif seperti olahraga da kesenian, karena di Sumatera Selatan terdapat beberapa gejala sosial kenakalan remaja seperti tawuran, balap liar, genk motor dan lainnya.

Melansir dari Sumeks.co kenakalan remaja di Sumatera Selatan sangat berpotensi memicu tindakan kriminalitas, sebab beberapa aksi tawuran juga dibarengi dengan modus kejahatan, seperti begal atau pencurian motor. Para pelaku juga tak seluruhnya pelajar, tapi juga ada anak putus sekolah.

Ariyuda berpendapat bahwa anak muda yang melakukan kegiatan negatif dilatarbelakangi oleh kurangnya kegiatan positif, tidak ada wadah untuk berekspresi dan public space.

“Pemuda sekarang kalau gak ada kerjaan, gak ada kegiatan dan kurang pedidikan itu kalau nongkrong tingkahnya macam-macam, mulai dari berantem, tawuran dan lain-lain. Kenapa? Kita kurang public space (ruang terbuka). Komunitas kalau mau kumpul di kafe, coba kalau kita punya banyak public space? Pasti mereka punya wadah”, ungkapnya.

Dengan demikian, ia ingin mendorong pemuda aktif dalam kegiatan positif misalnya untuk tergabung dalam club olahraga atau grup musik. Ia juga akan mendorong ketersediaan public space, sebagai tempat komunitas anak muda berkumpul dan berkarya.

Voli menjadi cabang olahraga yang akan Ariyuda kembangkan karena saat ini ia menjabat sebagai ketua PBVSI Kota Palembang sehingga ia merasa sangat lekat dengan voli. Voli juga dianggap sebagai olahraga yang murah yang bisa diakses oleh siapa saja.

“Saya fokus ke voli karena murah, siapa saja bisa main. Saya suka voli karena dulu ibu saya suka voli, jadi saya mengikuti. Alhamdulillah saat ini saya sebagai ketua PBVSI Kota Palembang”, ujarnya.

Setelah nanti menjabat ia akan mendorong eksistensi olahraga dalam dunia pendidikan dengan cara mendorong dinas pendidikan mengirimkan perwakilan voli di setiap SMA yang ada di Sumatera Selatan untuk mengikuti event-event kompetisi olahraga.

Di bidang kesenian, Ariyuda berkeinginan untuk memberikan wadah bagi seniman musik indie. Ia menyadari bahwa setiap anak mungkin tidak pandai dalam sains tetapi juga dalam hal kesenian, seperti musik. Ia akan membuat album kompilasi bagi pemuda berbakat dengan memberikan wadah ruang rekaman yang bisa dipakai oleh band indie.

Tentunya, faktor pendanaan nantinya menjadi kendala dalam terselenggaranya fasilitas olahraga yang memadai dan perlaksananya kompetisi yang berkualitas. Ariyuda mengatakan bahwa masalah pendanaan akan diusahakan melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan daerah sebagai sponsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *