pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Dewan Sebut Dispenda OKU Tak Becus Urus PAD

45
×

Dewan Sebut Dispenda OKU Tak Becus Urus PAD

Sebarkan artikel ini
Dispenda OKU dinilai tidak becus mengurus Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang hanya mampu terealisasi sebesar 46,96 persen
pemkab muba

BATURAJA | Sejumlah Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memberikan kritik pedas terhadap Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang dinilai tidak becus mengurus Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang hanya mampu terealisasi sebesar 46,96 persen dari target sebesar 107 Milyar Rupiah.

Kritikan pedas tersebut diungkapkan sejumlah Fraksi yang ada di DPRD Kabupaten OKU melalui pandangan umu Farksi-fraksi pada saat rapat Paripurna dalam rangka pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Pertanggung Jawaban Penggunaan Anggaran (RPPA) Tahun 2021 beberapa waktu yang lalu.

Yopi Sahrudin SSos selaku Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Kabupaten OKU yang juga selaku Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Kabupaten OKU mengungkapkan. Terget PAD Kabupaten OKU TA 2021 sebesar Rp 107,1 Milyar tersebut hanya mampu tercapai 46,95 persen atau Rp 50,2 Milyar.

“Kami meminta agar kinerja Dinas yang bersangkutan (Dispenda) untuk dapat ditingkatkan. Jangan sampai pada tahun 2022 PAD Kabupaten OKU kembali terpuruk tidak tercapai target. Untuk itu kami meminta kepada Pj Bupati OKU untuk mengevaluasi kinerja Dinas yang bersangkutan,” kata Yopi kepada portal ini. Jumat (22/7/22)

Sementara itu, Juru Bicara Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Densi Hermanto SH MSi yang juga selaku Ketua Komisi III DPRD OKU menegaskan.  Pihaknya meminta kepada Pj Bupati OKU untuk menegur dan mengingatkan Dispenda Kabupaten OKU agar bekerja dengan sungguh-sungguh demi tercapainya target PAD Kabupaten OKU tahun 2022.

“Kami merasa cukup prihatin dengan menurunnya realisasi target PAD Kabupaten OKU Tahun 2021 yang lalu. Jangan sampai terget PAD OKU tahun ini kembali anjlok seperti tahun kemarin, artnya Dinas yang menangani kurang cekapan dalam berkerja,” katanya.

Terpisah, Pj Bupati OKU, H Teddi Melwansyah SSTP MSi MPd menanggapi usual dan saran dari pandangan Fraksi-fraksi yang ada di DPRD kabupaten OKU terkait RPPA TA 2021. Dalam kesempatannya, Pj Bupati OKU melalui agenda rapar Paripurna mendengarkan jawaban Bupati OKU terhadap pandangan umum Fraksi mengatakan.

Dikatakan Pj Bupati OKU. Pemerintah OKU terus berupaya untuk menggali potensi PAD selama beberapa tehun terahir berupa pemantapan dan penyempurnaan dari kebijakan bidang PAD yang telah mendapat  dukungan penuh dari DPRD OKU. Akan tetapi dikarnakan adanya Pandemi Covid 19 yang melanda selama 2 tahun terahir menjadi kendala dalam mencapai target PAD OKU.

“Terkait perhatian khusus DPRD OKU terhadap OPD yang menanungi PAD akan menjadi catatan penting sebagai bahan evaluasi, perbaikan sistem kerja pengelolaan sumber-sumber keuangan daerah,” kata Pj Bupati OKU melalui Jawaban terhadap pandangan umum Frkasi-fraksi DPRD OKU. (HARISON)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *