oleh

Desa Karang Raja Kini Dicanangkan Desa Cinta Statistik

MUARA ENIM – Penjabat (Pj.) Bupati Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) melakukan pencanangan Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik) Kabupaten Muara Enim Tahun 2021.

Pencanangan Desa Cantik ini berlangsung di Aula Gladi Bina Desa Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Muara Enim, Rabu 29 September 2021.

HNU mengatakan, atas nama Pemkab Muara Enim menyambut baik diadakannya program Desa Cinta Statistik yang diselenggarakan secara nasional serentak di 100 desa oleh BPS Republik Indonesia.

Di mana sebuah program pembinaan dan peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pemutakhiran data.

Sebab, kita semua menyadari semakin berkembangnya zaman, khususnya di era digitalisasi saat ini, maka desa ataupun kelurahan sebagai satuan wilayah pemerintahan paling bawah dituntut untuk mampu bertransformasi dan menyelenggarakan kegiatan statistik di wilayahnya dalam rangka mendukung penguatan tata kelola pemerintahan dan peningkatan pembangunan desa.

Lanjutnya, desa bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Maka dari itu diperlukan data yang akurat dan aktual mulai dari tingkat desa ataupun kelurahan yang sangat diperlukan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan dan langkah – langkah strategis pembangunan daerah maupun pembangunan nasional,” ujarnya.

Dengan dipilihnya Desa Karang Raja sebagai salah satu Desa Cantik di Provinsi Sumsel, tidak lupa HNU mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh BPS Sumsel.

HNU juga menerangkan melalui aplikasi ini masyarakat dengan mudah mengakses layanan publik seperti permohonan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, surat pengantar SKCK, dan surat pengantar domisili yang dapat diakses melalui situs dan perangkat android melalui ponsel.

Selain itu, masyarakat luas dapat mengakses informasi, baik profil maupun potensi desa.

Menurutnya tidak salah bila memilih Desa Karang Raja sebagai Desa Cantik, karena sejak Januari 2020 lalu, Desa Karang Raja telah memiliki aplikasi layanan digital ‘Karang Rajaku’.

Desa Karang Raja sangat tepat dan sudah siap menjadi desa pertama dan pilot project dalam program Desa Cantik BPS di Kabupaten Muara Enim.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi semangat dalam mengoptimalkan ketersediaan data sehingga dapat mendukung tercapainya target dan sasaran pembangunan,” ucap HNU.

Turut Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dr. Ir. Zulkipli, M.Si, Forkopimda, Pj. Sekda Muara Enim, Para Staf Ahli , Para Kepala Kepala OPD Muara Enim, Para camat Muara Enim , Para Lurah Se-Kabupaten Muara Enim, Para Kades Muara Enim. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya