oleh

Darah Sepak Bola Rafid Mengalir dari Ayah BJ Habibie

Muhhamad Rafid Habibie, cucu dari mantan Presiden RI, B. J. Habibie kini digembleng di klub Bali United. (www.baliutd.com)
Muhhamad Rafid Habibie, cucu dari mantan Presiden RI, B. J. Habibie kini digembleng di klub Bali United. (www.baliutd.com)

JAKARTA I Bacharuddin Jusuf Habibie mengaku teringat sang ayah jika melihat Rafid Habibie, salah seorang cucunya yang kini digembleng di klub Bali United. Ia pun mengungkapkan bahwa darah sepak bola cucunya itu mengalir melalui ayahnya.

“Yang saya ingat pasti saat ayah saya dulu main bola,” ucap Habibie, tampak terharu.

Habibie bercerita bahwa ayahnya dulu memang sangat menggandrungi sepak bola. “Kalau sudah urusan bola, aduh ampun deh. Luar biasa semangatnya,” tutur pria yang ceritanya diabadikan dalam novel dan film layar lebar, Habibie dan Ainun.

Ayahnya memang bukan sosok pesepak bola terkenal tempo dulu seperti halnya Maulwi Saelan dan pesepak bola lainnya. Namun, Habibie mengaku ayahnya pernah menjadi pesepak bola di level daerah.

“Dulu ayah saya pesepak bola di Bogor. Hanya itu yang saya ingat,” tuturnya.

Meski penggila si kulit bundar, sang ayah tak lantas memaksakan Habibie kecil agar mengikuti jejaknya. “Saya memang kurang menyukai sepak bola. Olahraga saya adalah renang, swimming,” ujarnya sembari tersenyumm.

Habibie pun menyukai olahraga hanya sebatas hobie. Sedangkan cita-citanya dari kecil tak lain di dunia kedirgantaraan.

“Saya dulu dapat beasiswa ke Jerman. Tapi ibu pesan bahwa tak perlu diambil beasiswanya,” tutur Habibie.

“Biar ayah saya yang akan membayar kuliah saya. Dulu, kata ibu, ayah saya pernah berjanji akan membayarkan pendidikan saya sampai benar-benar selesai.”

Ia pun berharap cucunya bisa meneruskan impian ayahnya Habibie di sepak bola. Bahkan, kalau bisa menjadi pesepak bola hebat dan bisa mengharumkan nama bangsa.

“Sama seperti di dunia sains, sepak bola butuh berpikir sesuai ukuran dan ketepatan. Saya harap itu juga bisa dilakukan cucu saya,” imbuh Habibie. (CNN)

Komentar

Berita Lainnya