oleh

Dampak Banjir, Puluhan Warga Musi Rawas Terserang Penyakit Gatal

MUSIRAWAS | Dampak ganguan kesehatan akibat banjir, meluapnya aliran sungai Musi di Kabupaten Musi Rawas mulai dirasakan warga.

Berdasarkan hasil pendataan tim medis Posko Kesehatan darurat banjir Muara Kelingi sebanyak 80 warga mengalami gatal-gatal, demam dan batuk pilek. 

Kepala posko kesehatan Dr. Erwan Susanto yang juga sebagai Kepala Upt Puskesmas Muara Kelingi, mengatakan sejak membuka posko kesehatan warga terdampak banjir langsung berdatangan melakukan pengecekan kesehatan.

“Ya, dari hasilnya semua terdata warga sudah mulai terserang berbagai penyakit. Namun yang paling didominasi warga mengalami gatal-gatal, demam dan pilek,”ungkapnya ketika dibincangi sejumlah wartawan. 

Lebih jauh, Erwan sapaan akrabnya menyebutkan pihaknya sudah memberikan obat-obatan kepada warga yang telah dicek kesehatanya. “Karena disini posko induk, ya kita melayani semua warga korban banjir yang berada di wilayah kecamatan kelingi. Dan perlu diketahui untuk obat-obat yang diberikan kepada korban yang berobat gratis tidak ada yang dipungut biaya,”katanya. 

Tidak hanya itu, dari penanggulangan ganguan kesehatan. Pihaknya juga stanbykan enam dokter dengan dibantu lima perawat. 

“Sekali lagi, dibuka posko itu sebelum dan sesudah banjir. Kalau pengalaman sebelumnya pasca banjir, justru banyak warga mengalami penyakit seperti sakit perut, hingga diare,”bebernya. (Nurdin)

Komentar

Berita Lainnya