oleh

Dahlan Iskan : Baturaja Kota Kecil yang Terus Berkembang

BATURAJA I Meskipun sebagai kota kecil Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan dinilai sebagai kota kecil yang maju dan terus berkembang. Penilaian ini disampaikan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan dihadapan ratusan mahasiswa/mahasiswi Universitas Baturaja (Unbara), saat dilaksanakannya kuliah umum di kampus tersebut, Juuat (22/01/2016).

“Saya kesini waktu masih menjadi menteri BUMN untuk meninjau Pabrik PT Semen Baturaja, ternyata di Kota Baturaja ini meskipun kota kecil tapi sudah punya unversitas yang terkenal dan dengan 12 prodi,  saya yakin, Kota Baturaja dan Kampus Unbara akan lebih maju dan berkembang dimasa mendatang, ” ujarnya.

Dahlan menyatakan, sistem pemerintahan yang baik tidak lagi harus menganut sistem sentralisasi atau otonomi pusat, melainkan desentralisasi atau otonomi daerah pun dapat mewujutkan tata pemerintahan yang baik.

Menurutnya, dengan sistem desentralisasi ini setiap seluruh kota-kota kecil yang ada, akan dapat maju dan berkembang dengan pesat tanpa harus tergantung atau bergantung dengan pusat. Sehingga lama-kelamaan, peran pusat tidak lagi terlalu diharapkan.

“Ide tersebut sudah saya renungkan sejak 1984 setelah saya diundang ke amerika, saat itu saya pimpinan baru di media yang saya pimpin. saya fikir Sudah saatnya dominasi pusat terhadap kota-kota kecil harus diakhiri,” ungkapnya.

Dahlan pun mengapresiasi Unbara dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Hai ini mengingat mahasiswa Unbara ini ternyata tidak hanya berasal dari dalam Kabupaten OKU saja, melainkan banyak para mahasiwa yang ternyata berasal dari luar Kabupaten OKU bahkan jaraknya hingga berjam-jam bila diukur dengan waktu dari daerah asal mahasiswa tersebut ke Kota Baturaja atau Kampus Unbara.

“Sama seperti di amerika serikat, ada satu kota kecil bernama kota Aten, ternyata saat saya kesana kota tersebut sangat maju, bahkan ada juga sebuah unveristas kecil yang sangat maju, kurang lebih seperti inilah keadaan Kota Baturaja” pungkasnya saat dimintai komentar dari sejumlah awak media terkait kedatangannya di kota Baturaja.

Melalui kuliah umum yang mengambil tema “Peningkatan motivasi dan pengembangan Wawasan Enterpreneur” dirinya berharap para mahasiswa dapat memiliki modal utama untuk mencapai kunci keberhasilan tingkat pertama. Yaitu mampu merebut perhatian orang lain dengan cara memiliki kemauan yang kuat untuk berubah, memiliki niat tulus dan sikap yang terpuji.

“Orang itu memang harus benar-benar baik, jika kalian mampu melewati tahapan ini berarti kalian telah mampu mencapai keberhasilan tahap satu, karena keberhasilan itu ada tahap-tahapannya, dan tentunya ada ujiannya juga,” tuturnya.

Sebelum menjadi Pemateri pada Kuliah Umum tersebut, Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan ini pun ikut dalam pelaksanaan senam bersama civitas akademika Universitas Baturaja (Unbara) di halaman kampus.

Senam yang dimulai sejak pukul 06.00 wib tersebut diikuti massa yang terdiri atas rektor Unbara Dr Bambang Sulistyo dan istri, dosen, staf, mahasiswa serta masyarakat yang mengetahui kehadiran Dahlan Iskan di kampus orange yang menjadi nama lain dari Universitas baturaja.

Sekitat satu jam dahlan iskan dengan 2 orang pemandu senam yang dibawanya memaandu puluhan peserta senam, dengan 13 lagu berbeda.

Diketahui, usai mengisi kuliah umum di Kampus Unbara,dijadwakan akan bertolak ke Tanjung Enim menghadiri undangan PT Bukit Asam (PTBA). Kemudian ke Palembang, baru terbang ke Jakarta. (Deni A. Saputra)

Komentar

Berita Lainnya