oleh

Ciptakan Lapangan Kerja, Kelurahan Tanjung Rancing Gelar Pelatihan Sablon

Ogan Komering Ilir | Guna menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kelurahan Tanjung Rancing Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI pemerintah setempat kembali menggelar Kegiatan pelatihan sablon digital yang dilaksanakan, di Aula Balai Serba Guna Rt 08 Lingkungan 03 Kelurahan Tanjung Rancing, Senin (16/12/2019).

Acara yang dibuka langsung oleh Camat Kayuagung melalui Sekcam Solahudin S.Sos dihadiri oleh lurah tanjung rancing, Kepala Dinas  Perpustakaan dan ke Arsifan Daerah, Drs Iskandar ZA, Sekretaris Dinas Perizinan OKI Hilwen SE.MM. Babinsa Koramil OKI. Tokoh masyarakat serta ibu-ibu kelurahan Tanjung Rancing.

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari ini mulai Senin-Kamis (16-19/2019) diikuti sebanyak 30 orang yang terdiri dari 27 orang putra dan 3 orang putri dengan menelan dana sebesar Rp. 80.988.000,-

Ketua Panitia kegiatan tersebut Suhardi Dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut adalah buktinyata dari program pemberdayaan pihak kelurahan tanjung rancing.

Katanya, hendaknya kegiatan atau pelatihan ini jangan sampai disini saja namun bisa berkesinambungan dikemudian hari. “Saya mengharapkan kepada peserta untuk mengikuti pelatihan ini sebaik baiknya dan ini bisa dijadikan modal dikemuan hari,” ujar Jang Mat.

Sekretaris Kecamatan Kota Kayuagung, Solahudin mengatakan, Pihaknya menyambut baik dengan kegiatan tersebut. “Saya salut dan bangga dengan kegiatan ini dan saya mengharapkan agar ilmu yang diapat bisa dijadikan modal,” ujarnya.

Dirinya berharap, kegiatan yang dilaksanakan oleh kelurahan Tanjung rancing ini menjadi contoh bagi kelurahan yang lainnya. 

“Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi kelurahan lainnya yang ada di kecamatan kayuagung sehingga kedepan juga bisa melaksanakan kegiatan yang positif seperti ini,”tandasnya.

Lurah Tanjung Rancing, Mat Hasan mengatakan,  bahwa sangat bangga dengan kegiatan tersebut dan masyarakat sangat antusias mengikutinya.

Dikatakan lurah, dengan kegiatan seperti ini sekaligus memberikan pekerjaan kepada masyarakat dan pemuda pemudi Kelurahan Tanjung Rancing.

“Ada dua kegiatan dalam hal mengelolah dana kelurahan in yakni fisik dan non fisik. Khusus kegiatan non fisik ini yaitu Kegiatan Tata Rias dan Sablon. Alhamdulillah kegiatan sablon ini adalah yang kedua kalinya dan semuanya ini untuk masyarakat saya,” ujar Mat Hasan.

Dikatakannya, alat sablon ini sangat besar manfa’atnya dan alat ini dibeli di Bandung Jawa Barat.

Selanjutnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsifan Daerah, Drs Iskandar ZA, yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sangat banyak manfatnya dan bisa jadi modal kerja bagi anak anak sekalian. “Terus terang saya terharu dan senang dengan kegiatan ini. Saya langsung laporan kepada Perpustakaan Pusat dan alhamdulillah disambut baik laporan saya,” ujar Iskandar.

Iskandar mengatakan, alat sablon ini sangat mahal maka itu manfa’atkanlah sebaik baiknya. “Terus terang kami Dinas Perpustakaan tidak bisa membelinya karena tidak ada dana. Namun Kelurahan Tangjung Rancing bisa terbeli. Bersyukurlah dan saya katakan bahwa Tanjung Rancing sebagai pusat pembelajaran kegiatan,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten OKI ini.

Menyikapi kegiatan tersebut Ketua LPM Kelurahan Tanjung Rancing H. Sudrono Asnawi, S.Sos mengatakan bahwa, kegiatan pelatihan cara menyablon seperti ini adalah yang kedua kalinya diharapkan dengan dua kali pelatihan seperti ini cukup banyak ilmu yang diserap dan hendaknya dapat dimanfa’atkan jangan setelah pelatihan ini tidak ada eksennya.

“Dengan ilmu yang didapat dalam oelatihan seperti ini peserta bisa meng implimentasikannya. Jangan fakum begitu saja sebab tidak sediki dana yang dikeluarkan dalam pelatihan ini,” ujar pria yang juga warga Tanjung Rancing ini. (JangMat)

Komentar

Berita Lainnya