pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Cik Ujang Serahkan Bantuan kepada Guru Honor Non Sertifikasi di Lahat

128
×

Cik Ujang Serahkan Bantuan kepada Guru Honor Non Sertifikasi di Lahat

Sebarkan artikel ini
Bupati Lahat, Cik Ujang, SH menyalurkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lahat berupa biaya pendidikan non beasiswa
pemkab muba pemkab muba

Beritamusi.co.id – Bupati Lahat, Cik Ujang, SH menyalurkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lahat berupa biaya pendidikan non beasiswa dan bantuan untuk guru honor non sertifikasi. Penyaluran bantuan ini merupakan wujud dari program unggulan, Lahat Cerdas.

Dalam program unggulan Lahat Cerdas tersebut, ada 702 mustahik (penerima zakat) bantuan biaya pendidikan, dari 73 sekolah ataupun perguruan tinggi di Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengimbau, seluruh kepala dinas beserta staf bisa segera laksanakan kewajibannya dalam menunaikan Zakat Infaq Shadaqah (ZIS). Karena hingga saat ini, masih banyak instansi yang belum tergugah berinfaq dan bersedekah. Padahal, harta yang mereka keluarkan, nantinya bisa bermanfaat dan mengurangi sedikit beban di masyarakat maupun pelajar.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang beri bantuan dan kalau kita baik sama orang, orang juga akan baik sama kita. Insya Allah, nanti amal ibadah kita ini diterima sama Allah,” ungkap Cik Ujang, Minggu (23/10/2022).

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Lahat, KH Hamdi Arsal SPdI menerangkan, pendistribusian biaya pendidikan non beasiswa ini terdiri 380 murid SD/MI yang berasal dari 38 sekolah. Kemudian 189 pelajar SMP/MTs berasal dari 19 sekolah dan 24 mahasiswa perguruan tinggi berasal dari 5 kampus. Selanjutnya, 109 guru honorer non sertifikasi dari 11 sekolah, yang tersebar di Kabupaten Lahat.

Dikatakanya, bagi jenjang SD/MI menerima Rp 300.000 persiswa, pelajar SMP/MTs Rp 400.000, mahasiswa Rp 2.500.000 per mahasiswa, dan Rp 500.000 per guru. Bantuan diberikan kepada pelajar kurang mampu dan mahasiswa semester akhir dengan IPK tertinggi. Guna memenuhi kebutuhannya menyelesaikan skripsi.

“Alhamdulillah pada kegiatan ini juga, Baznas langsung terima zakat dari Bupati Lahat dan terima bantuan satu unit mobil operasional dari PT Bukit Asam,” ujar Hamdi.

Hamdi menambahkan, Baznas juga memberikan reward (penghargaan) kepada OPD, instansi vertikal, pendidikan, dan camat yang aktif dan terbanyak, dalam menunaikan ZIS tiap bulannya. Penerima reward tersebut, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan, BKPSDM, Sekretariat Pemda, RSUD, Bapenda, BPKAD, Sekretariat DPRD, dan Bappeda. Untuk reward instansi vertikal diberikan kepada Kemenag Kabupaten Lahat. Kemudian reward juga diberikan kepada Camat Kota Lahat serta MTs Negeri 1 Lahat dari kategori pendidikan.

“Jadi, berlomba-lombalah instansi untuk membayar ZIS melalui Baznas Kabupaten Lahat, karena yang menerima bantuan itu, juga masyarakat dan pelajar di Kabupaten Lahat,” kata Hamdi. (Safitri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *